Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jul 2022 11:41 WIB

TRAVEL NEWS

Gemas! Bayi Tapir Lahir di Kebun Binatang Jambi

Antara
detikTravel
Tapir lahir di Kebun Binatang Jambi
Tapir lahir di Kebun Binatang Jambi tepat saat Hari Raya Iduladha 2022, Minggu (10/7). (Nanang Mairiadi/Antara)
Jambi -

Kebun Binatang (KB) Jambi mendapatkan tambahan penghuni. Seekor anak tapir (tapirus) dengan jenis kelamin jantan lahir tepat di Hari Raya Iduladha 10 Juli 2022.

Tapir itu diberi nama Erli Adha. Dia lahir pukul 11.30 WIB

"Tidak ada tanda-tanda sang induk tapir itu mau melahirkan. Tapi kondisi anak tapir sangat baik dan sudah mulai menyusui ibunya bernama Kasih," kata Kepala UPTD Kebun Binatang Jambi, Erliyani di Jambi, seperti dikutip dari Antara Rabu (13/7/2022).

Ia menjelaskan induk tapir juga sudah diberi vitamin dan asupan buah tambahan seperti pepaya dan pisang agar air susunya mencukupi untuk tumbuh kembang anak tapir. Anak dan ibu tapir tersebut sudah dipisahkan dari tiga ekor tapir dewasa lainnya yang menjadi koleksi Kebun Binatang Jambi.

"Dengan kelahiran anak tapir jantan bernama Erli Adha itui kini kita memiliki jumlah tapir ada empat ekor dengan satu jantan dewasa dan tiga betina dewasa dimana satu tapir betina lainnya bernama Pebi juga sedang kondisi hamil dan menunggu kelahiran lagi," kata Erliyani.

Ia menyebut kelahiran itu cukup spesial. Sebab, tapir masuk dalam kategori satwa langka dan dilindungi. Kini, Jambi berhasil mengembangbiakkannya.

Menurut dia, siklus perkawinan tapir ini dua tahun sekali sedangkan masa kehamilan hingga kelahirannya 400 hari atau jadi 13 bulan 4 hari dan setiap melahirkanhanya satu ekor sehingga wajar penambahan populasinya lambat.

"Hewan ini termasuk langka," kata Erliyani.

Ia menyatakan saat ini jumlah pengunjung kebun binatang itu ada sekitar 3.500 pengunjung di saat libur lebaran dan kalau hari biasa sekitar 1.000 sampai 1.500 pengunjung per hari.

"Saat ini, Kebun Binatang Jambi sudah mengoleksi sebanyak 290 jenis satwa," katanya.



Simak Video "Beberapa Dekade Dianggap Punah, Badak-badak Berkeliaran di Mozambik"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA