Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 14:06 WIB

TRAVEL NEWS

Provinsi Termiskin di Indonesia tapi Punya Potensi Wisata Bagus

Syanti Mustika
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: Syanti Mustika/detikcom
Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis 10 provinsi dengan kemiskinan tertinggi di Indonesia. Hampir semua provinsi ini punya potensi wisata yang luar biasa.

Papua, Papua Barat, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Aceh masuk ke dalam 10 daerah dengan kemiskinan tertinggi. Padahal jika kita telusuri, daerah-daerah ini punya potensi wisata yang banyak.

Menanggapi hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah memiliki program untuk membantu daerah tersebut. Programnya adalah desa wisata.

"Mengenai angka BPS, Alhamdulillah kemiskinan di Indonesia turun tapi ketimpangannya meningkat. Kami memiliki program yang sangat relevan, sangat efektif dalam mengatasi kemiskinan dan sudah kami lakukan di 18 bulan terakhir. Yaitu desa wisata," ujar Sandiaga dalam jumpa pers mingguan.

Sandiaga mengatakan bahwa desa wisata yang berkelanjutan ini menyentuh setiap poin dari 17 sustainable development. Dan program desa wisata ini telah terbukti bisa menciptakan lapangan kerja yang berkualitas yang membuka cross kolaborasi antara pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Yang menarik bahwa Papua, NTB, NTT dan beberapa provinsi lainnya sekarang meningkat desa-desa wisatanya. Dan kami sangat yakin dari total 7.500 desa wisata, potensi ini kita bisa kerjakan di 3 tahun ke depan untuk memasukkan mereka ke dalam jaringan desa wisata," tambahnya.

Selain desa wisata, Kemenparekraf juga punya program kampung tematik untuk wilayah perkotaan. Sandiaga pun ingin program ini bisa menjadi penunjang untuk peningkatan ekonomi.

"Selain desa wisata, akan ada kampung kampung tematik yang ada di wilayah perkotaan. Jadi kalau kita bedah angka kemiskinan memang mayoritasnya memang ada di perdesaan. Jadi kita punya program yang betul-betul kita ingin menjadi lokomotif dan eskalator dalam pengikisan kemiskinan dan anak tangga untuk menciptakan lapangan kerja," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga menargetkan terbukanya lapangan pekerjaan.

"Menariknya lagi desa wisata menciptakan lapangan pekerjaan yang banyak di sektor pariwisata ekonomi kreatif. Tahun ini kita menargetkan 1,1 juta lapangan pekerjaan baru dan di tahun 2024 target 4,4 juta," tutup Sandiaga Uno.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA