Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Edan! Virus Citayam Fashion Week Mewabah ke Daerah Lain

Tim detikcom
detikTravel
Fenomena muda mudi Citayam nongkrong di Taman Dukuh Atas Jakarta menjadi perbincangan hangat. Kini mereka menggelar Citayam Fashion Week di Jakarta.
Salah satu muda-mudi di Citayam Fashion Week (Pradita Utama)
Jakarta -

Bermula dari Dukuh Atas, fenomena Citayam Fashion Week mewabah di Indonesia. Lagi hangat dibicarakan, para remaja daerah lain berlomba-lomba adu kebolehan dalam bergaya.

Citayam Fashion Week seolah menjadi demam street fashion. Istimewanya lagi, Citayam Fashion Week menjadi magnet berbagai kalangan untuk datang, menjajal dan menonton.

Di manapun. Bukan hanya di Jakarta.

Sejumlah daerah di Indonesia juga menggaungkan keramaian itu. Para muda-mudi pun unjuk kebolehan memadu gaya, tak mau kalah dari Citayam Fashion Week.

Dirangkum detikcom, Selasa (26/7/2022) berikut daerah-daerah lain yang ikut meramaikan Citayam Fashion Week:

1. Madura Fashion Week

Akses jalan di sekitar kantor pemerintahan di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur disulap menjadi 'Madura Fashion Week'. Kegiatan ini diikuti sejumlah elemen pemuda dan pegiat Youtuber di Pulau Madura.

Koordinator kegiatan Faiz Slamet mengatakan acara 'Madura Fashion Week' tidak jauh berbeda dengan 'Citayam Fashion Week'. Hanya di Madura, Fashion Week tersebut dikemas ala islami. Artinya berpakaian rapi layaknya santri.

"Kami di sini juga ingin menawarkan kepada masyarakat cuma versi Madura, adat kesatriaan, artinya eksistensi berpakaian rapi kita pertahankan," kata Faiz seperti yang ditulis CNNIndonesia.com, Senin (25/7).

Alasan memilih jalan kabupaten di sekitar kantor pemerintahan, Faiz menyebut jalan tersebut cukup representatif. Sebab di sore hari kendaraan lebih terakses. Meski macet, tidak memicu kemacetan besar.

"Kita tahu di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Malang, Citayam Fashion Week ini banyak diikuti masyarakat. Di Madura kita ambil perhatian lain," kata dia.

2. Makassar Fashion Week

Remaja Makassar pun bergabung dalam tren fashion week di Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini juga mendapatkan respons yang positif dari Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.ss

Namun, Danny meminta agar kegiatan Makassar Fashion Week digelar di tempat yang tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

"Sebaiknya, di pelataran Anjungan Pantai Losari," kata Wali Kota Makassar kepada CNNIndonesia.com.

Akan tetapi, Danny menegaskan menindak dan menertibkan acara tersebut jika sudah mengganggu aktivitas masyarakat.

Sejumlah remaja Makassar memilih berkumpul di Center Poin Of Indonesia untuk melakukan catwalk layaknya seorang model berjalan di zebra cross. Bahkan, beberapa anak berusia lima tahun juga ikut dalam Makassar Fashion Week, sehingga menambah keseruan acara tersebut yang ramai dilihat masyarakat Kota Makassar.

Tunjungan Fashion WeekTunjungan Fashion Week Foto: Esti Widiyana

3. Tunjungan Fashion Week di Surabaya

Muda-mudi Surabaya juga demam dengan Citayam Fashion Week. Mereka pun mengadakan kegiatan fashion show dan catwalk di salah satu zebra cross Jalan Tunjungan dan menimbulkan kerumunan orang. Akibatnya timbul kemacetan di sepanjang jalan tersebut. Kegiatan ini pun dibubarkan oleh Satpol PP.

"Kemarin kami hentikan kegiatan 'Tunjungan Fashion Week' di kawasan Jalan Tunjungan. Ini bukan soal tidak pro kreasi atau pro kreasi khas anak muda. Tapi ini soal kebaikan bersama, kenyamanan pengguna jalan dan aktivitas yang tidak menimbulkan kemacetan," kata Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, Senin (25/7).

Tak hanya soal kenyamanan pengguna jalan, Eri juga berpesan kepada pegiat Tunjungan Fashion Week untuk menjaga gaya berbusana. Ia tak mau ada pakaian terbuka.

"Soal konsep outfit-nya, silakan berkreasi. Namun, harus tetap menginspirasi, ojok pating pecotot (jangan ngawur) dan sing gak karu-karuan [enggak beraturan]. Juga harus mencerminkan karakter khas arek Suroboyo," kata dia.

Soal fashion, Pemkot Surabaya juga telah memfasilitasi gelarannya, termasuk dengan menampilkan brand-brand lokal dan UMKM secara rutin, lewat ajang resmi Surabaya Fashion Week dan banyak lagi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kerumunan Citayam Fashion Week Dibubarkan, Parkir Liar Ditertibkan"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA