Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 11 Agu 2022 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kata Pramugari, Jangan Lakukan 10 Hal Ini di Pesawat

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi pramugari Scoot
Foto: (dok. Scoot)
Jakarta -

Beragam tingkah penumpang di pesawat yang dipantau oleh pramugari. Ternyata ada beberapa hal yang tidak disarankan untuk dilakukan penumpang di pesawat.

Dilansir dari Insider, Kamis (11/8/2022) seorang pramugari senior memberi arahan untuk traveler supaya jangan melakukan hal-hal ini selama penerbangan. Catat ya!

Tips naik pesawat dari pramugari, hal-hal yang dilarang:

1. Bertelanjang kaki

Traveler dihimbau untuk tidak bertelanjang kaki hilir mudik di pesawat karena lantai pesawat sangat kotor. Walau terlihat bersih untuk diinjak, namun tetap jangan pernah berjalan kaki tanpa alas kaki, apalagi sampai telanjang kaki ke toilet.

Traveler bisa menyiasati dengan memakai sandal hotel di penerbangan. Sandal hotel yang tipis bisa diselipkan dalam jinjingan dan setelah turun dari pesawat kamu bisa membuangnya untuk menghindari kuman pesawat.

2. Bersikap kasar ke awak kabin

Mungkin perjalanan jauh membuat penumpang jenuh dan gampang emosi. Walau begitu, penumpang tak boleh bersikap kasar kepada pramugari yang melayani kamu selama penerbangan.

Bagaimanapun, penerbangan kamu sangat bergantung kepada pramugari, bahkan hingga situasi darurat. Jika anda lelah, pramugari lebih lelah karena mungkin saja mereka bekerja sudah 2x lipat daripada penumpang di hari itu.

3. Jangan meninggalkan barang di kantong bangku pesawat

Tempat kotor lainnya di pesawat ada di kantong bangku pesawat. Traveler tidak disarankan menyimpan makanan di dalam kantong karena seringkali titik itu tidak sempat dibersihkan pramugari secara menyeluruh karena keterbatasan waktu.

Pramugari sering menemukan baju kotor, sampah makanan hingga popok di dalam kantong tersebut. Jadi terbayangkan kuman yang menempel di sana?

4. Jangan abaikan instruksi keselamatan pramugari

Sebelum berangkat, pramugari selalu memberikan instruksi keselamatan kepada penumpang. Walau kamu sering naik pesawat, harapannya jangan abaikan instruksi keselamatan pramugari ini.

Saat pramugari meminta penumpang untuk mengencangkan sabuk pengaman atau menemukan pintu keluar darurat, itu karena alasan penting. Selain itu, tidak semua pesawat memiliki lokasi keluar dan operasi yang sama, sehingga penumpang harus mendengarkan instruksi khusus pada setiap penerbangan yang mereka naiki.

Pramugari memperlihatkan cara menggunakan sabuk pengaman.Pramugari memperlihatkan cara menggunakan sabuk pengaman. Foto: Getty Images/gchutka

5. Pertimbangkan kembali duduk di kursi sekat

Kursi di dekat sekat yang berada di partisi internal antar bagian pesawat memang tampak lega. Bangku ini cenderung memiliki sedikit ruang kaki ekstra dan terkadang tidak ada orang di belakang Anda. Namun tetap harus mempertimbangkan pilihan sebelum memesan kursi ini.

Sekat di barisan depan biasanya menjadi tempat meletakkan keranjang bayi, jadi mendengar tangisan bayi akan menjadi teman perjalanan kamu. Jika sekatnya ada di belakangmu, tidak enaknya kita tidak bisa mendorong kursi ke belakang dan mungkin saja perjalanan menjadi tidak nyaman karena harus selalu tegak.

6. Jangan minum alkohol sebelum terbang

Kelembaban rendah di pesawat dapat menyebabkan dehidrasi, dan tekanan kabin yang rendah dapat menurunkan kadar oksigen darah, sehingga orang cenderung lebih cepat merasakan efek alkohol di pesawat.

Konsumsi alkohol yang berlebihan telah berperan dalam banyak insiden medis di dalam pesawat, terutama ketika penumpang mencampur alkohol dengan obat-obatan. Juga pelancong minum terlalu banyak alkohol dan menunjukkan perilaku agresif sehingga mereka harus ditahan, ditangkap, dan dilarang dari maskapai.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA