Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 20 Agu 2022 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Gimana Sih Bedakan Money Changer Betulan atau Tipu-tipu di Bali?

bonauli
detikTravel
Tipu-Tipu Money Changer di Bali
Penipuan berkedok money changer (bonauli)
Badung -

Sejumlah money changer di Bali cukup meresahkan karena tega menipu turis asing dan domestik. Bagaimana cara membedakan money changer tipu-tipu dan yang jujur?

Kasus penipuan money changer di Bali rupanya bukan sekali dua kali terjadi. Pelakunya juga tidak satu dua. detikTravel melakukan penelusuran dan faktanya money changer tipu-tipu itu ada dan seolah bukan menjadi rahasia lagi.

Dari penelusuran detikTravel, money changer tipu-tipu itu juga tersebar di berbagai kawasan di Bali. Mulai dari Kuta, Sanur, dan Canggu.

Dari kesaksian warga lokal dan percobaan yang dilakukan detikTravel, money changer yang menawarkan rate tinggi dengan nominal menggiurkan menjadi salah satu tanda bahwa kios penukaran itu tipu-tipu.

Modus penipuannya biasanya dengan menjatuhkan sejumlah uang saat pelanggan menukarkan uang.

Ada beberapa cara agar kamu bisa terhindar dari money changer tipu-tipu:

1. Harga tukar tinggi

Yang pertama adalah melihat harga rate atau penukaran. Semakin tinggi harga tukarnya, semakin parah penipuannya.

Sebelum mencoba menukar uang di money changer, terlebih dahulu periksa currency atau nilai tukar mata uang harian.

2. Berada di gang sempit

Ya, penipuan dengan kedok money changer biasanya dilakukan di gang-gang sempit. Mereka meletakkan papan rate harga tinggi di depan gang, kemudian mengajak korbannya masuk ke dalam gang. Biasanya mereka berkomplot, sehingga korban akan diajak ngobrol supaya mudah ditipu.

Wisatawan lokal pun jadi korban penipuan money changer di Bali.Wisatawan lokal pun jadi korban penipuan money changer di Bali. Foto: bonauli

3. Bangunan money changer semi permanen

Ini adalah ciri yang paling mudah dilihat. Jika money changer tersebut memiliki bangunan permanen, maka bisa dipastikan money changer tersebut aman dari penipuan.

Tapi jika sudah masuk ke dalam gang dan bangunannya hanya dari kayu-kayu yang mudah dibongkar, segera lari. Karena itu sudah pasti penipuan.

Semoga setelah membaca artikel ini, traveler makin berhati-hati dan waspada saat melakukan Penukaran uang untuk liburan di Bali.



Simak Video "Modus Penipuan Oknum Money Changer Nakal di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA