Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 23 Agu 2022 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Pendaki Kelahiran Israel Tewas di Rinjani, Sandiaga Turut Prihatin

Proses evakuasi hari pertama pendaki jatuh di puncak Gunung Rinjani, Lombok Timur, NTB, Sabtu (20/8/2022).
Penyelamatan pendaki di Gunung Rinjani (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Seorang pendaki kelahiran Israel tewas karena jatuh di Gunung Rinjani. Menparekraf Sandiaga Uno mengucapkan belasungkawa pada warga Portugal itu.

Ia berpesan bahwa seluruh pendaki harus mematuhi semua peraturan juga SOP pendakian Gunung Rinjani. Karena, berwisata seharusnya jadi kegiatan yang aman dan menyenangkan.

"Saya ingin menyampaikan belasungkawa dan rasa duka juga keprihatinan yang mendalam atas kecelakaan yang dialami oleh seorang wisatawan saat melakukan pendakian di Gunung Rinjani," kata dia dalam temu wartawan mingguan, Senin (22/8/2022).

"Saya ingin berpesan agar CHSE, terutama pemenuhan safety atau keamanan harus dipatuhi secara SOP. Oleh karena itu secara jelas dan tegas kami sampaikan bahwa berwisata haruslah menyenangkan, aman dan nyaman," imbuh dia.

Jika aturan ditegakkan dan sesuai SOP maka keamanan pendaki pastilah terjaga. Karena, selain itu ada pula aturan dari destinasi.

"Aktivitas itu harus sesuai dengan SOP yang harus dipenuhi dengan sikap tanggung jawab bagi diri sendiri dan lingkungan. Juga mengikuti arahan aturan destinasi," jelas dia.

Lebih lanjut, pemerintah akan bekerjasama dengan perhimpunan pemandu gunung agar wisata gunung Indonesia menjadi lebih aman. Tak hanya itu, pemerintah akan memastikan aturan yang dikomunikasikan ke pendaki asing bisa dipahami dengan mudah.

"Kami akan bekerjasama dengan Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia untuk secara disiplin terus meningkatkan penerapan dan pengawasan standar keamanan. Dan, mengkomunikasikannya secara humanis dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti bagi turis mancanegara pecinta alam juga pendaki gunung," kata Sandiaga.



Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA