Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 01 Sep 2022 11:41 WIB

TRAVEL NEWS

Desa Wisata Tepus Disebut Sandiaga Desa Terbaik di Dunia

Antara
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno di Pantai Indrayanti, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (31/8/2022).
Sandiaga Uno di Desa Wisata Tepus. Foto: (Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Gunungkidul -

Sandiaga Uno puji Desa Wisata Tepus karena memiliki fasilitas yang memadai serta berhasil memadukan wisata budaya dan alam. Ia berharap desa wisata ini dapat menjadi salah satu desa wisata terbaik dunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke Desa Wisata Tepus di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat berada di lokasi, ia menilai bahwa ekosistem wisata di desa wisata ini telah terbangun dengan baik.

Hal ini terlihat dari keberadaan fasilitasnya yang lengkap serta adanya pengembangan potensi desa wisata dengan berbasis budaya dan alam. Sehingga menurutnya desa wisata ini telah siap untuk menjaring lebih banyak wisatawan.

"Desa Wisata Tepus menyajikan destinasi wisata yang komplit dengan memadukan antara wisata alam dan wisata budaya dan didukung fasilitas yang memadai," kata Sandiaga.

Dengan kondisinya yang sudah berkembang cukup baik, ia berharap Desa Wisata Tepus dapat menjadi salah satu desa wisata terbaik di dunia. Menyusul prestasi yang telah dicapai oleh Desa Wisata Nglanggeran yang juga berasal dari Gunungkidul.

"Salah satunya menjadi desa wisata berkelas dunia dengan keunikan dan keistimewaannya," katanya.

Menurut Sandi, perpaduan antara budaya dan alam di desa wisata ini harus dipertahankan. Perpaduan ini tidak hanya membuat desa wisata ini komplit, namun juga dapat menambah nilai keunikan.

Tak hanya itu, menurut Sandi budaya masyarakat juga penting untuk dipertahankan. Agar keindahan wisata alam di desa wisata ini dapat terjaga.

"Desa wisata harus memiliki keunikan, keuntungan, sehingga banyak dikunjungi wisatawan," katanya.

Selain wisata budaya dan alam, Desa Wisata Tepus juga memiliki kekayaan produk ekonomi kreatif. Sandiaga sangat mendukung hal ini dan akan berupaya untuk membantu memasarkannya ke mancanegara.

"Kami juga akan mendorong produk ini bisa masuk ke pasar ekspor," ujarnya.

Kemudian Sandi juga melanjutkan bahwa desa wisata ini memiliki keuntungan lain, yakni letaknya yang berada tak jauh dari pusat Kota Wonosari. Ini merupakan sebuah poin penting karena dengan begitu wisatawan tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk mengunjungi desa wisata ini.

Dengan berbagai kelebihan dan keunikan yang dimilikinya, Sandi berharap pengembangan desa wisata ini dapat membuka banyak lapangan kerja. Sehingga kesejahteraan masyarakat juga dapat meningkat.

"Dampak yang nyata dari desa wisata adalah bisa banyak menyerap tenaga kerja. Kami berharap berkembangnya sektor wisata di Tepus, maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Harapan serupa juga diungkapkan oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta. Diharapkan dengan masuknya Desa Wisata Tepus ke dalam 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan ini Bupati Sunaryanta juga menghaturkan rasa terima kasihnya kepada Menparekraf Sandiaga. Menurutnya dengan kesempatan ini, perekonomian di wilayah Gunungkidul dapat terbantu.

"Salah satunya tentang perkembangan perekonomian di Gunungkidul. Sekali lagi saya sampaikan terima kasih kepada Menparekraf," ujarnya.



Simak Video "Strategi Sandiaga Uno Tekan Dampak Kenaikan BBM di Industri Pariwisata"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA