Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 03 Sep 2022 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

7 Desa dan Dusun dengan Nama Vulgar dan Unik, Setan sampai Memek

Gunung Merapi dilihat dari kecamatan Ngawen dan Klaten Selatan, Selasa (17/5/2022).
Lereng Gunung Merapi dari Klaten (Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)
Jakarta -

Nama-nama desa di Indonesia kita memang sangat beragam. Meski terdengar vulgar, namun arti atau penyebutannya bisa sangat berbeda.

Bagaimana tidak, nama-nama itu yakni Toket, Montok, sampai Memek. Tak hanya itu, ada pula yang mengerikan, seperti Pocong dan Setan.

Berikut daftar nama desa unik dihimpun detikcom, Sabtu (3/9/2022):

1. Desa Toket

Jangan salah sangka dan berpikir macam-macam soal toket. Karena memang ada nama desa itu di Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan yang diberi nama Desa Toket.

Siapa sangka, nama desa yang terkesan vulgar ini terkenal sebagai penghasil batik di Pamekasan.

2. Desa Montok

Masih di Pamekasan, Desa Montok ini berada di kecamatan yang juga memiliki nama yang unik. Yakni di Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura.

Desa Montok ini memiliki objek wisata yang tak kalah indah dari lainnya. Terdapat Pantai Talang Siring. Destinasi wisata ini digadang-gadang mampu meningkatkan nilai ekonomi dan pariwisata masyarakat desa.

3. Dusun Memek

Nama Dusun Memek di Kota Santri Jombang membuat heran banyak orang karena menjurus ke alat kelamin wanita. Terkait asal-usul nama kampung tersebut, hingga saat ini sebatas cerita turun temurun yang belum bisa dipegang kebenarannya.

Nama Dusun Memek menjurus ke alat kelamin perempuan karena banyak orang yang salah mengejanya. Sejatinya, dua huruf E pada kata Memek berbunyi sama dengan suku kata me pada kata melayang, se pada kata sekarang, atau re pada kata remuk.

4. Desa Setan

Ada satu dusun di Kabupaten Magelang Jawa Tengah yang punya nama unik, namanya Dusun Setan. Dusun itu termasuk dalam wilayah administrasi Desa Candiretno, Kecamatan Secang.

Ada kekeliruan orang-orang dalam melafalkan nama Dusun Setan. Menurut dia, suku kata 'se' dalam nama Dusun Setan mestinya dibaca menggunakan huruf e yang dikasih tanda pepet dalam Bahasa Jawa.

Jadi yang benar adalah SĂȘtan (seperti mengucapkan huruf e dalam kata 'sekolah'), bukan setan yang berarti hantu. Karena penulisan huruf e dengan tanda pepet sudah jarang digunakan di zaman sekarang, ujar Slamet, orang dari luar pun keliru dalam membaca nama dusunnya.

5. Desa Siluman

Desa Siluman kerap diasosiasikan dengan dedemit atau makhluk halus yang kerap mengganggu manusia. Desa itu ada dan terletak di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sumedang.

Awal mula nama siluman, menurut Warman, diambil dari nama sungai Cisiluman yang berada di Desa Kadawung.

6. Desa Pocong

Pocong, mendengar namanya saja sudah terlintas jenazah yang dibalut kain kafan. Ternyata di Jawa Timur ada nama Desa Pocong yang ada di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan.

Konon, nama pocong diambil dari sebuah cerita munculnya sumber air pertama dari pohon pucang. Namun Desa Pocong disebut-sebut sebagai salah satu desa tertua di Pulau Madura.

7. Desa Bawukan

Desa Bawukan juga lekat dengan arti kelamin wanita dalam Bahasa Jawa. Desa ini berada di Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.



Simak Video "Kisah Desa Kelelawar, Jenetaesa"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA