Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 29 Sep 2022 15:45 WIB

TRAVEL NEWS

Desa Wisata Penglipuran Pukau Sekjen UNWTO

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Peserta World Tourism Day Kunjungi Desa Wisata Penglipuran.
Kunjungan para peserta WTD bersama Menparekraf Sandiaga Uno ke Desa Wisata Penglipuran. Foto: Dok. Kemenparekraf
Bali -

Dalam rangka World Tourism Day, seluruh peserta berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran di Bangli, Bali. Desa wisata ini berhasil pukau para peserta.

Sebagai bagian dari rangkaian perayaan World Tourism Day (WTD) atau Hari Pariwisata Dunia, para peserta WTD mengikuti program field trip ke Desa Wisata Penglipuran, Bangli, Bali. Desa wisata ini merupakan salah satu desa wisata unggulan Indonesia. Bahkan desa wisata ini mendapatkan penilaian sebagai desa wisata terbersih ketiga di dunia menurut Green Destinations Foundation.

Para peserta terdiri atas perwakilan negara UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia), Menteri Pariwisata dari negara G20, perwakilan organisasi internasional, hingga para stakeholder pariwisata nasional dan internasional. Di antara para peserta tersebut terdapat Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili.

Peserta World Tourism Day Kunjungi Desa Wisata Penglipuran.Rayakan World Tourism Day para peserta kunjungi Desa Wisata Penglipuran. Foto: Dok. Kemenparekraf

Sekjen UNWTO tersebut mengungkapkan kekagumannya akan keindahan Desa Wisata Penglipuran. Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menuturkan Sekjen UNWTO itu mempertanyakan mengapa Penglipuran tak didaftarkan ke ajang desa wisata terbaik UNWTO.

"Sekjen UNWTO Mr. Zurab sangat terkesima dengan keindahan Desa Wisata Penglipuran dan sempat menanyakan kenapa tidak diikutkan ke ajang Best Tourism Village UNWTO. Dengan dorongan dari Sekjen, kami akan tindak lanjut di event depan," kata Sandiaga di Desa Wisata Penglipuran, Rabu (28/9/2022) seperti dikutip rilis resmi Kemenparekraf.

Sandiaga Uno mengapresiasi kehadiran seluruh peserta di Desa Wisata Penglipuran. Menurutnya, kehadiran para pemegang kepentingan dunia ini dapat memberi motivasi bagi masyarakat untuk terus mengembangkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Hal ini bersesuaian dengan konsesus 'G20 Bali Guidelines' yang berhasil dicapai pada kegiatan Tourism Ministerial Meeting (TMM). Kesepakatan ini nantinya akan menjadi panduan negara G20 serta para organisasi internasional dalam mendorong pemulihan pariwisata global yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Salah satu poin penting yang menjadi target dalam pengembangan pariwisata yang inklusif dan berkelanjutan ini adalah adanya penguatan komunitas dan UMKM. Dan Sandiaga yakin bahwa desa wisata adalah program yang dapat mengakomodir target-target tersebut.

"Tentu ada angka yang ingin kita capai, tapi kesejahteraan rakyat dan kualitas pekerjaan yang baik jadi tujuan utama dalam pariwisata berkualitas dan berkelanjutan," kata Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada UNWTO karena telah menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah perayaan Hari Pariwisata Dunia. Di momen ini, Sandiaga dan Zurab juga menandatangani plakat penghargaan untuk Indonesia sebagai tuan rumah perayaan Hari Pariwisata Dunia 2022.

"Atas nama Indonesia dan masyarakat Penglipuran izinkan kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan terhadap Indonesia sebagai tuan rumah World Tourism Day," kata Sandiaga.

Pada kunjungan tersebut, Sekjen UNWTO Zurab Pololikashvili menyampaikan apresiasinya atas suksesnya penyelenggaraan WTD. Ia juga mengungkapkan bahwa ia terkesima dengan panorama indah yang ada di Desa Wisata Penglipuran.

"Sekarang saya merasakan Indonesia yang sebenarnya. Saya ingin memberikan selamat kepada seluruh masyarakat yang tinggal di tempat yang indah ini," kata Zurab.

Ia juga menuturkan bahwa meski baru sebentar, tetapi ia sudah merasakan atmosfer yang berbeda karena masyarakat setempat yang menarik, serta sajian alam dan budayanya yang sangat indah.

"Ini adalah salah satu tempat terbaik yang pernah saya lihat, meski saya baru 20-30 menit di sini tapi saya merasakan atmosfer yang berbeda," kata Zurab.

Dalam kesempatan tersebut, Zurab juga mengungkapkan dukungannya atas program desa wisata di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa pihak UNWTO akan hadir untuk memberikan pendampingan dan bertukar wawasan.

"Kami akan segera hadir kembali di sini untuk memberikan pendampingan. Tidak hanya profesional yang kami bawa untuk memberikan pelatihan nantinya, tapi bisa juga justru mereka yang bisa belajar sesuatu dari sini," kata Zurab Pololiskashvili.



Simak Video "Desa Wisata Penglipuran Bali Bersiap Sambut Delegasi G20"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA