Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 02 Okt 2022 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Dorong Pariwisata, Sandiaga Uno Gandeng Investor Singapura

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Sandiaga gandeng investor Singapura.
Sandiaga Uno saat bertemu beberapa investor Singapura. Foto: Dok. Kemenparekraf
Singapura -

Sandiaga Uno ajak beberapa investor Singapura untuk berinvestasi di sektor pariwisata Indonesia. Agar dapat membantu pemulihan ekonomi dan membuka peluang kerja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan beberapa investor asal Singapura. Dalam pertemuan tersebut ia mengajak mereka untuk berinvestasi di pariwisata Indonesia.

Pertemuan tersebut dilakukan langsung di Singapura pada Jumat (30/9/2022). Ia bertemu dengan beberapa investor, yaitu Bioeconomy, Far East Hospitality, CEO Capital Land, dan CEO Red Doorz. Dalam kesempatan itu, Sandi menjelaskan bahwa Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan Ease of Doing Business (EODB) dan investasi sehingga ia memutuskan untuk bergerak cepat mengundang lebih banyak investor ke Indonesia.

"Kami bertemu dengan enam perusahaan besar dalam rangka penandatanganan kerja sama sesuai dengan arahan Presiden untuk mendatangkan digital nomad agar meningkatkan kualitas kunjungan wisatawan dan memberikan dampak kepada para pelaku UMKM di destinasi unggulan seperti di Canggu Bali," kata Sandiaga, seperti dikutip dalam rilis resmi Kemenparekraf.

Dari pertemuan tersebut, Indonesia dan Bionomic menargetkan adanya 1.000 sampai 5.000 digital nomad dalam kurun 6-12 bulan yang datang ke Indonesia. Menparekraf berharap dengan kerja sama dan target ini peluang kerja serta lapangan kerja baru dapat terbuka lebih luas.

Sandiaga gandeng investor Singapura.Sandiaga lakukan pertemuan dengan beberapa investor Singapura. Foto: Dok. Kemenparekraf

Dalam kesempatan itu Sandiaga juga mendampingi dan memfasilitasi jaringan hotel lokal, ARTotel Group yang sedang memperluas usahanya ke luar negeri. Jaringan hotel ini bekerja sama dengan Far East Group dalam rangka penambahan akomodasi berupa jaringan hotel internasional.

Tak hanya itu, Sandiaga juga mengupayakan agar nantinya para mahasiswa lulusan Politeknik Pariwisata bisa mendapatkan kesempatan magang.

"Dengan kerja sama ini, brand hotel lokal kita seperti ARTotel bisa go internasional dan memberikan dampak untuk membuka peluang usaha dan rantai pasok. Kami juga akan memfasilitasi mahasiswa yang lulus dari Poltekpar untuk mendapatkan kesempatan magang. Ini merupakan sejarah baru, perusahaan Indonesia mampu melebarkan sayap dan memperluas jaringan internasional," ujarnya.

Selain itu, Sandiaga juga bertemu dengan Capital Land untuk membahas peluang investasi dan pengembangan di 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) serta 8 KEK yang ada di Indonesia.

Ia juga melakukan pertemuan dengan pihak RedDoorz untuk menambah jumlah investasi mereka. Terutama di bidang penyediaan akomodasi yaitu pada RedDoorz Goes Green.

"Apalagi banyak event-event internasional yang akan diadakan di berbagai daerah di Indonesia dengan melibatkan produk UMKM lokal untuk penyediaan toiletries," ujarnya.

Sandiaga berharap dengan upaya untuk menambah investor ini dapat membantu meningkatkan performa pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Sehingga kepulihan ekonomi pasca pandemi dari sektor pariwisata dapat tercapai.

Selain bertemu dengan para investor, Sandiaga juga menyempatkan untuk bertemu dengan Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung. Pertemuan ini dilakukan untuk membahas kerja sama penyediaan layanan wisata berbasis kesehatan dan kebugaran di Indonesia.

"Kekuatan Indonesia ada di wellness tourism dan juga beberapa layanan lainnya seperti KEK Kesehatan yang berada di Sanur. Jika dapat dikerjasamakan akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Sehingga kerjasama ini tidak hanya menyediakan layanan kesehatan yang prima saja tetapi juga membuka lapangan kerja yang luas," ujarnya.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA