Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Nov 2022 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Tinggal di Sini? Pemkotnya Beri Subsidi Rp 400 Jutaan

Femi Diah
detikTravel
Alleyway. Presicce. Puglia. Italy.
Presicce cari penduduk (Getty Images/iStockphoto/milla1974)
Jakarta -

Kota-kota di Italia bikin terobosan untuk memikat pendatang agar mau jadi warga lokal. Salah satunya, Presicce, yang menawarkan tunjangan 30 ribu euro atau Rp 482 juta buat peminat.

Presicce, sebuah kota yang indah di wilayah Puglia, membutuhkan tambahan penduduk. Kota ini dikelilingi oleh alam nan indah Salento. Kota ini merupakan kawasan kota tua dekat dengan pantai berpasir lembut dan perairan biru kehijauan Santa Maria di Leuca.

Tetapi, ada bahaya mengancam di kota ini. Presicce rawan menjadi kota hantu. Sebab, di sana banyak rumah, tetapi kosong tak berpenghuni.

Jumlah bayi yang lahir makin menurun setiap tahunnya. Pihak berwenang di Presicce berharap tawaran insentif uang tunai kepada siapapun yang bersedia menjadi warga lokal.

Insentif kepada perantau itu lebih besar ketimbang harga rumah yang ditawarkan. Rumah-rumah di sana dijual sekitar 25.000 euro atau sekitar Rp 400 juta.

"Ada banyak rumah kosong di pusat sejarah yang dibangun sebelum tahun 1991 yang kami ingin lihat hidup kembali dengan penghuni baru," kata anggota dewan Alfredo Palese seperti dikutip dari CNN.

"Sayang sekali menyaksikan bagaimana distrik lama kita yang penuh sejarah, arsitektur indah, dan seni perlahan-lahan kosong," dia menambahkan.

Palese bilang rincian kesepakatan saat ini sedang diselesaikan. Aplikasi untuk membeli rumah dan menjadi warga lokal diyakini selesai dalam beberapa minggu mendatang.

"Kami akan menawarkan hingga 30.000 euro kepada orang-orang yang bersedia pindah ke sini dan membeli salah satu tempat tinggal yang terbengkalai ini," katanya.

"Total dana akan dibagi dua: sebagian digunakan untuk membeli rumah dan sebagian lagi untuk renovasi dan menata ulang, jika diperlukan," dia menambahkan.

Travelers berminat?



Simak Video "Kisah Desa Kelelawar, Jenetaesa"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA