Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 26 Nov 2022 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Gibran Beberkan Alasan Ngunduh Mantu Kaesang - Erina di Pura Mangkunegaran

Tara Wahyu NV
detikTravel
Suasana Puro Mangkunegaran, Jumat (11/3), jelang penobatan GPH Bhre pada Sabtu (12/3/2022).
Puro Mangkunegaran (Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Jakarta -

Ngunduh mantu pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, akan dilangsungkan di Pura Mangkunegaran. Gibran Rakabuming Raka membeberkan alasan pemilihan lokasi itu.

Ngunduh mantu merupakan prosesi penyambutan kehadiran mempelai wanita sebagai anggota keluarga baru di keluarga mempelai pria. Acara itu merupakan lanjutan rangkaian prosesi pernikahan Kaesang dengan Erina Sofia Gudono.

Ngunduh mantu dihelat pada 11 Desember. Sementara itu, rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina dimulai sejak 8 Desember 2022, yakni dengan acara semakan Qur'an di rumah kediaman mempelai perempuan. Berlanjut dengan pemasangan Bleketepe dan malam Midodareni pada 9 Desember 2022.

Puncak acara pernikahan Kaesang dan Erina dilangsungkan pada 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Royal Kedhaton Ambarrukmo Yogyakarta.

Lokasi ngunduh mantu Kaesang di Puro Mangkunegaran itu berbeda dari kedua kakaknya, Gibran dan Kahiyang Ayu, yang diadakan di gedung milik keluarga yakni Graha Sabha Buana. Gibran yang kini Wali Kota Solo membeberkan alasan pernikahan sang adik tidak digelar Gedung Graha Sabha Buana. Salah satunya karena gedung pertemuan milik Presiden Joko Widodo itu sudah full booked hingga akhir tahun 2022.

"Graha Sabha Buana sudah penuh satu, dua tahun ke depan ya. Karena ada luapan dari COVID kemarin yang di cancel, kebak kabeh (penuh semua)," kata Gibran ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (23/11/2022).

Gibran menyebut saat tidak ada pandemi saja Gedung Graha Sabha Buana juga sudah banyak yang memesan. Termasuk, di tanggal yang sama dengan pernikahan Kaesang.

"Udah di-booking orang, nggak COVID aja rame, perlu dimaklumi," tuturnya.

Gibran mengatakan keputusan pemilihan lokasi ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran tersebut merupakan keputusan Kaesang.

"Tapi tanya Kaesang aja, wong nduwe dewe ngopo nganggo gon e wong liyo (punya sendiri kenapa harus pakai yang lain)," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah menteri meninjau Pura Mangkunegaran yang nantinya akan digunakan sebagai lokasi ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina S Gudono pada Minggu (11/12).

Dari pantauan detikJateng kala itu, para menteri tiba di Pura Mangkunegaran pukul 11.05 WIB Menteri yang datang yakni Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia, dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Selain itu, juga didampingi oleh Kanjeng Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) MN X, Kapolda Jawa Tengah, Achmad Luthfi, Komandan Korem (Danrem) 074 Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Anan Nurakhman, Kapolresta Surakarta, Kombes. Pol. Iwan Saktiadi.

Tiba di Pura Mangkunegaran, Erick dan rombongan mengecek di Pendopo Ageng, lanjut ke halaman Pura Mangkunegaran dengan mengitari rute yang akan dilewati tamu.

"Ya memang ada dua persiapan yang harus dipastikan satu memang ini kan nanti ada kegiatan buat Masyarakat, hiburan untuk masyarakat tetapi ada pernikahan (Kaesang dan Erina)," kata Menteri BUMN, Ercik Tohir di Pura Mangkunegaran, Minggu (20/11).

***

Artikel ini juga tayang di detikJateng. Selengkapnya klik di sini.



Simak Video "Potret Foto Pre-Wedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA