Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Nov 2022 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Seperti di Film, dalam 9 Menit Harta Karun Koin Kuno Dicuri dari Museum Jerman

Syanti Mustika
detikTravel
Harta Karun Koin Emas Dicuri dari Museum Jerman dalam Tempo Sembilan Menit
Harta karun yang dicuri dari Museum Jerman ( ABC Australia)
Manching, Jerman -

Koin kuno yang menjadi salah satu koleksi museum di Jerman digasak perampok. Tumpukan koin bernilai jutaan Euro ini bila ditimbang beratnya mencapai 4 Kg.

Diberitakan CNN, Selasa (29/11/2022) perampokan ini terjadi di Museum Celtic dan Romawi di Manching pada hari Selasa malam (22/11). Keterangan dari polisi, para perampok mendapatkan akses menuju ruang pameran tempat koin berada dan membuka etalase koin yang berjumlah 483 koin.

Surat kabar Jerman Süddeutsche Zeitung melaporkan bahwa layanan telepon dan internet di daerah tersebut terganggu pada saat pencurian.

"Mereka memutus seluruh Manching." kata walikota Herbert Nerb.

Berasal dari sekitar 100 SM, koin emas ini ditemukan pada tahun 1999 di lokasi pemukiman besar Celtic di dekatnya. Artefak tersebut memiliki berat total 4 kilogram, mewakili timbunan emas Celtic terbesar yang ditemukan pada abad ke-20 dengan nilai jutaan euro atau triliunan rupiah.

Menteri Sains dan Seni Bavaria, Markus Blume menggambarkan pencurian hari Selasa itu sebagai malapetaka.

"Semuanya harus dilakukan untuk menyelesaikan kejahatan dengan cepat dan menghukum pelakunya sesuai hukum," tulisnya di Twitter.

"Satu hal yang jelas: Siapa pun yang mencuri karya seni merusak budaya kita," ungkapnya.

Adapun kronologi perampokan menurut Guido Limmer dari Kepolisian Negara Bagian Bavaria, pada hari Selasa pukul 1.17 pagi, kabel-kabel telekomunikasi terputus sekitar satu kilometer dari Museum Celtic dan Romawi di Manching. Akibarnya jaringan komunikasi di wilayah itu terputus.

Kemudian sistem keamanan di museum mencatat pintu dibuka paksa pada pukul 1.26 pagi dan pelaku meninggalkan lokasi pada pukul 1.35. Berarti hanya dalam tempo sembilan menit inilah pelaku dipastikan telah menghancurkan lemari pajangan dan mengambil harta karun itu.

Ada beberapa perampokan terkenal di museum Jerman dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya di Green Vault yang bersejarah di Dresden, di mana pencuri bertopeng mengambil 21 artefak bertatahkan berlian yang tak ternilai harganya setidaknya senilai 113 juta euro pada tahun 2019. Dua tahun sebelumnya, koin emas besar senilai sekitar 3,7 juta euro diambil pada tengah malam dari sebuah museum di ibu kota, Berlin.



Simak Video "Usai Diberi Tank Canggih, Zelensky Kini Minta Rudal Jarak Jauh-Jet"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA