Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 25 Jan 2023 10:21 WIB

TRAVEL NEWS

One Gate System Mau Diterapkan di Gili Trawangan, Apa Keunggulannya?

Ilustrasi wisata ke Gili Trawangan.
Foto: Ilustrasi wisatawan di Gili Trawangan (dok. Istimewa)
Jakarta -

Pemkab Lombok Utara berencana menerapkan kebijakan one gate system buat wisatawan yang hendak berkunjung ke Gili Trawangan. Apa sih keunggulan kebijakan ini?

Menparekraf Sandiaga Uno memberi penjelasan tentang kebijakan One Gate System yang rencananya akan diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Utara itu. Menurut Sandiaga, pembahasan soal kebijakan ini telah berlangsung di tingkat kementerian.

"Telah dilaksanakan rapat koordinasi di Kemenparekraf tanggal 12 Januari 2023 dengan para pemangku kepentingan terkait antara lain dihadiri oleh Menparekraf beserta jajaran Unit Kerja terkait, Gubernur NTB, Bupati Lombok Utara beserta Organisasi Perangkat Daerahnya dan asosiasi seperti Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Indonesia Hotel General Manager Associatioan (IHGMA) NTB dan Persatuan Usaha Taman Rekreasi (PUTRI) NTB," kata Sandiaga, Selasa (24/1/2023).

Dari rapat itu, semua stakeholder sepakat, penerapan kebijakan tersebut harus diiringi dengan penyiapan sarana dan prasarana di pelabuhan agar wisatawan merasa aman dan nyaman.

"Rapat menyepakati bahwa penerapan sistem tersebut harus terlebih dahulu dipersiapkan prasarana dan sarana yang memadai, meliputi fasilitas pelabuhan, standar jenis dan ukuran kapal, marka atau tanda lalu lintas laut, SOP dan perlengkapan pendukung keselamatan lainnya, sehingga kenyamanan, keamanan dan keselamatan wisatawan tetap terlayani dan terjaga dengan baik," ujar Sandiaga.

Pemkab Lombok Utara rencananya akan menerapkan One Gate System tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan perhatian terhadap aspek pelestarian lingkungan (konservasi), sekaligus untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui kebijakan one gate system, nantinya kapal cepat yang mengangkut wisatawan dari Bali akan langsung menuju Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara. Dari Pelabuhan Bangsal, wisatawan lalu diangkut menggunakan angkutan kapal milik Koperasi Karya Bahari menuju Gili Tramena.

Menurut Sandiaga, keunggulan sistem ini nanti akan terdigitalisasi, supaya wisatawan tetap merasa aman dan nyaman.

"Keunggulannya, nanti One Gate System akan memanfaatkan teknologi digitalisasi, sehingga akan lebih mudah untuk diakses dan dimonitor," ujar dia.



Simak Video "Sandiaga Yakinkan AS Bahwa KUHP Tak Akan Ganggu Investasi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA