Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Mei 2019 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

20 Tempat Wisata di Bandung untuk Mudik Lebaran, Jangan Lupa

Shinta Angriyana
detikTravel
Alun-Alun Bandung (Nfadils/dTraveler)
Alun-Alun Bandung (Nfadils/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Bandung - Memasuki bulan pertengahan Ramadan, jangan lupa bersiap-siap untuk mudik nanti. Yang mudik ke Bandung, mau jalan-jalan ke mana nih?

Momen mudik bukan saja ajang silaturahmi dengan kerabat. Tetapi juga menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat dengan bersenang-senang. Salah satu caranya tentu berwisata ke berbagai tempat asyik dan menarik.

Kota Kembang alias Bandung dan sekitarnya, punya sejumlah destinasi wisata yang bisa dituju saat mudik lebaran nanti. Masih bingung mau ke mana, berikut 20 tempat wisatanya seperti dirangkum detikcom, Jumat (31/5/2019):

1. Gua Pawon
(Yudha Maulana/detikcom)(Yudha Maulana/detikcom)
Di Bandung Barat, ada sebuah Gua Purba yang ikonik. Inilah Gua Pawon yang letaknya berada di Kampung Rancamoyan, Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Konon, Dayang Sumbi, perempuan dalam cerita Sangkuriang, sempat tinggal dalam gua yang berada di kawasan Kars Citatah itu. Entah sahih atau tidak cerita dalam hikayat itu, pastinya Gua Pawon merupakan salah satu destinasi wisata Geopark yang eksotis. Gua ini merupakan bukti otentik eksistensi Danau Bandung Purba. Pilar batu paduan stalaktit dan stalagmit sepanjang belasan meter seolah menyangga atap gua, cocok untuk traveler yang gemar berpetualang.

2. Ranca Upas

Menyatu dengan alam dengan nuansa syahdu, cobalah ke Ranca Upas. Inilah destinasi yang cocok bagi para pencinta alam.
(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel)
Traveler bisa mencoba outbound, water park, pemandian air panas hingga mencoba camping di sini. Biayanya pun tidak mahal, mulai dari Rp 10 ribu saja. Cocok banget untuk bonding bareng keluarga atau kerabat.

3. Trans Studio Bandung

Taman rekreasi seru yang wajib dikunjung di Bandung, tentunya Trans Studio Bandung.
(Trans Studio Bandung)(Trans Studio Bandung)
Di sini, traveler bisa mencoba wahana Giant Swing yang ekstrem. Mau nonton dengan sensasi 4D? Traveler bisa mencobanya di Super Heroes 4D. Apalagi bagi traveler pencinta dunia horror, coba deh bertaruh adrenalin di Dunia Lain.

4. Centrum Million Balls
(Tri Ispranoto/detikcom)(Tri Ispranoto/detikcom)
Mandi bola bukan cuma buat anak kecil saja. Di Bandung, ada tempat mandi bola raksasa dengan berbagai spot foto Instagenic lho. Cocok banget buat liburan bareng keluarga. Letaknya Centrum Million Balls di Jalan Belitung nomor 10, Sumur Bandung, Bandung.

Ada kolam mandi bola yang sangat luas di sini. Traveler juga bisa berfoto dengan tempat-tempat nyentrik berwarna pastel yang cocok buat feed Instagram. Dari mulai nuansa bola-bola, sampai gambar popcorn dan ruangan serba hijau. Siapkan kamera dan tenaga ya!

5. Babakan Siliwangi

Kalau yang satu ini, jadi ruang terbuka hijau yang ikonik. Tepat berada di Jalan Babakan Siliwangi, ada sebuah hutan kota dengan suasana yang tenang dan asri.
(Mochamad Solehudin/detikcom)(Mochamad Solehudin/detikcom)
Traveler bisa melihat berbagai pepohonan rindang dengan nuansa alam yang indah. Tidak hanya itu saja, wisata di sini juga sehat karena ada trek jalan kaki yang rapi dan teratur. Jalan-jalan saat pagi dan sore hari pun dijamin menyenangkan.

6. Masjid Raya Bandung
(Ratna Pertiwi/detikcom)(Ratna Pertiwi/detikcom)
Masih dalam suasana hari raya, cobalah berkunjung ke Masjid Raya Bandung. Inilah tempat ikonik yang wajib dikunjungi saat ke Kota Kembang.

Masjid Raya Bandung letaknya berada satu wilayah di Alun-alun Bandung. Kalau dari Stasiun Bandung, letaknya hanya sekitar 1 kilometer saja. Setelah ibadah, bisa keliling alun-alun Bandung sambil mengabadikan momen di sekitarnya.

7. Museum Konferensi Asia Afrika

Nah, bagi traveler yang gemar belajar sejarah, cobalah singgah ke Museum Konferensi Asia Afrika. Inilah jejak sejarah mengenai konferensi tersebut tahun 1955 silam.
(Tri Ispranoto/detikcom)(Tri Ispranoto/detikcom)
Bukan saja mempelajari sejarah-sejarah negara yang mengikuti konferensi, tetapi traveler juga bisa melihat diplomasi Indonesia di sini. Beberapa peraga juga interaktif, sehingga belajar dan memperoleh informasi pun lebih mudah dan asyik.

8. Grafika Cikole

Salah satu hutan pinus populer di Indonesia adalah Grafika Cikole di Lembang, Bandung. Suasana sejuknya pun jadi salah satu daya tarik di sini.
(Brigida Emi Lilia/d'Traveler)(Brigida Emi Lilia/d'Traveler)
Letaknya berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu, Jalan Raya Tangkuban Perahu kilometer 8, Cikole, Bandung Barat. Suhu udara bisa dibilang sangat sejuk, yakni 20 derajat celcius saat siang hari dan 5 derajat celcius saat malam hari. Cocok untuk bersantai menikmati udara segar.

9. Dusun Bambu

Tempat yang satu ini, cocok banget kalau pergi bersama keluarga. Inilah Dusun Bambu Family Leisure Park, yang letaknya di kaki gunung Situ Lembang.
(Ari Saputra/detikcom)(Ari Saputra/detikcom)
Berbagai atraksi ditawarkan oleh Dusun Bambu. Traveler bisa naik balon udara, mendayung kano, sampai mencoba berbagai permainan serunya.

10. Bukit Teletubbies

Tahu film Teletubbies dong? Di Cicalengka, Kabupaten Bandung, ada sebuah bukit yang mirip di film tersebut.

Untuk tiba ke bukit ini, harus menempuh perjalanan selama 20 menit dari pusat Alun-alun Cicalengka. Letaknya sekitar satu kilometer dari Curug Sindulang. Traveler akan menemukan perbukitan hijau yang asri nan cantik di sini.

BACA JUGA: Tempat Kece Menghabiskan Malam di Bandung

11. Gedung Bank Indonesia

Dekat Stasiun Bandung, tepatnya Jalan Braga, ada sebuah bangunan bersejarah yang ikonik. Inilah Gedung Bank Indonesia.

Inilah salah satu gedung peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1915. Selain nuansa jadul yang masih kental, traveler juga bisa menjadikan gedung Bank Indonesia sebagai latar berfoto yang unik dan bersejarah lho.

12. Tebing Keraton

Nah, bagi yang ingin berwisata melihat perbukitan hijau, cobalah datang ke Tebing Keraton.
(Gandung Adi Wibowo/d'Traveler)(Gandung Adi Wibowo/d'Traveler)
Meski harus mendaki untuk mendapatkan view terbaik, tetapi nyatanya akan terbayar apabila sudah mencapai puncak. Selain itu, biayanya cukup murah lho hanya Rp 11 ribu saja tiket masuknya.

13. Farmhouse Lembang

Melihat peternakan modern, destinasi wajibnya adalah Farmhouse Lembang. Traveler bukan hanya bisa melihat peternakan, tetapi juga menikmati atraksi.
(Nfadils/d'Traveler)(Nfadils/d'Traveler)
Mulai dari mencoba pakaian ala Belanda, sampai mencoba susu dan sosis buatan asli peternakan. Bahkan, bisa berinteraksi dengan hewan-hewan ternak yang ada di sana lho.

14. Dago Dream Park

Dago Dream Park terletak di area Dago Giri, tidak jauh dari pusat kota.
(Richa Miskiyya/d'Traveler)(Richa Miskiyya/d'Traveler)
Suasana alamnya pun khas dengan pepohonan yang rindang. Selain suasananya yang asyik, berbagai spot foto pun disediakan di sini. Dijamin, traveler nggak mau pulang!

15. The Lodge Maribaya Lembang

Mau menikmati suasana alam dengan berbagai atraksi? Kalau begitu, cocoknya adalah The Lodge Maribaya.
(Mukhlis Dinillah/detikTravel)(Mukhlis Dinillah/detikTravel)
Di sini, coock untuk liburan bersama keluarga. Ada atraksi camping, trekking dan berbagai tempat outbound yang seru. Tenda-tenda unik juga disediakan di sini lho.

16. Kawah Rengganis

Tempat wisata alam Kawah Rengganis berlokasi di kawasan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Warga setempat menyebutnya kawah Cibuni. Tidak begitu jauh dari objek wisata Situ Patenggang, hanya sekitar dua kilometer.
(Satria Nandha/detikcom)(Satria Nandha/detikcom)
Ada banyak keunikan yang bisa kita lihat di Kawah Rengganis, salah satunya terdapat beberapa geiser kecil. Geiser yang menyemburkan uap panas dengan skala besar ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata air panas yang alami.

17. Pasar Barang Antik Cikapundung

Nah, tempat yang satu ini mungkin tidak biasa. Pencinta barang-barang antik wajib berkunjung ke Pasar Barang Antik Cikapundung.

Lokasinya sekitar 0,7 km dari Stasiun Bandung. Pedagang di pasar ini menjual beragam barang mulai dari pernak-pernik, hiasan dinding, furnitur, hingga barang pecah belah.

18. Chinatown Bandung

Kawasan pecinan selalu jadi daya tarik sebuah tempat. Kalau di Bandung, sempatkan ya ke Chinatown-nya.
(dok detikFood)(dok detikFood)
Awalnya tempat ini merupakan gedung perhimpunan masyarakat Bandung. Namun karena sudah lama terbengkalai, tempat ini kemudian disulap menjadi salah satu destinasi wisata di Bandung. Setidaknya ada sekitar 77 UKM yang menjual berbagai jenis barang di antaranya kerajinan tangan, fashion dan kuliner, tersedia juga fasilitas tempat ibadah untuk Muslim di sini. Tiket masuk ke sini berkisar harga Rp 10-20 ribu. Jam buka wisata mulai dari pukul 12.00 WIB dan tutup kembali sekitar 24.00 WIB

19. Kuliner Cibadak

Jalan-jalan ke Bandung tidak lengkap tanpa mencicipi kulinernya. Cobalah ke kawasan Cibadak jika ingin mencoba berbagai santapan lezat khas Bandung.

Kuliner lokal sampai internasional pun ada di sini. Uniknya di bagian ujung jalan ini diberikan aksen China, terdapat banyak sekali lampion warna-warni yang menggantung di atas jalan. Suasana akan semakin ramai jika semakin larut malam.

20. Jalan Braga
(Rina Rahma/d'Traveler)(Rina Rahma/d'Traveler)
Kawasan Jalan Braga sangat lekat dengan Bandung. Di sinilah, sudut 'jadul' Kota Kembang.

Mulai dari bangunan-bangunan jadul, kuliner hingga berbagai wisata bersejarah bisa ditemukan di sini. Jangan lupa membawa kamera ya, dijamin banyak spot foto menarik! (rdy/aff)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED