Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jul 2019 21:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Museum Nasional, Sejarah, dan Koleksinya yang Harus Kamu Tahu

Fithria Pratiwi
detikTravel
Museum Nasional, Sejarah, dan Koleksinya yang Harus Kamu Tahu/Foto: (chandrasambas/dTraveler)
Museum Nasional, Sejarah, dan Koleksinya yang Harus Kamu Tahu/Foto: (chandrasambas/d'Traveler)
Jakarta - Museum Nasional juga sering disebut sebagai Museum Gajah. Museum ini merupakan museum terlengkap yang menyimpan koleksi-koleksi bernilai sejarah.

Museum Nasional Indonesia merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Lokasinya berada di Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat.

Ada 5 hal mengenai Museum Nasional yang harus kamu tahu, berikut penjelasannya:



1. Sejarah Museum Nasional

Museum Nasional dibangun pada masa pemerintahan Belanda. Gedung museum ini dibuka untuk umum pada tahun 1868. Setelah kemerdekaan Indonesia, Lembaga Kebudayaan Indonesia yang mengelola menyerahkan museum tersebut kepada pemerintahan Indonesia tepatnya pada tanggal 1962.

Saat ini, Museum Nasional berada di bawah pengelolaan Kementerian Kebudayaan dan Parawisata. Hal ini berkaitan dengan dipindahkannya Direktorat Jenderal Kebudayaan ke lingkungan kementerian tersebut.

2. Disebut Museum Gajah

Museum Nasional disebut juga Museum Gajah. Pemberian nama Museum Gajah karena terdapatnya patung gajah di depan halaman utamanya. Patung ini terlihat mencolok jika kamu jalan melewati museum tersebut. Kamu akan lebih mudah melihat patung gajah tersebut ketimbang nama museum itu sendiri karena cukup rendah terhalang pagar. Hal ini yang membuat masyarakat lebih mengenal museum ini dengan sebutan museum gajah.

3. Koleksi Museum Nasional

Museum Nasional menjadi tempat penyimpanan benda-benda bukti materil hasil budaya manusia serta alam Indonesia. Hingga saat ini ada 140.000 koleksi yang dikelola di museum tersebut. Di setiap pembagian ruangan di museum terbagi atas koleksi prasejarah, arkelogi, etnografi, geografi, keramik, miniatur rumah adat, dan lainnya.

4. Sering Ada Event

Jika kamu ingin berkunjung ke sana, pastikan event yang sedang diselenggarakan. Selain edukasi sejarah dengan koleksi-koleksi yang ada, kamu juga bisa menikmati seminar atau pameran khusus yang tengah diadakan di museum tersebut.



5. Bisa Belajar Sejarah

Selain menikmati event yang diselenggarakan, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya. Di sana ada kegiatan belajar seni membatik atau menikmati pentas, dan aktivitas menarik lainnya. Kegiatan ini bisa menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu akhir pekan dengan menikmati hasil budaya Indonesia.

Demikian ulasan singkat mengenai Museum Nasional yang bisa menjadi pilihanmu untuk menikmati liburan singkat di Ibukota. Dengan berkunjung ke sana, kamu dapat menikmati liburan sambil edukasi sejarah Indonesia.



Simak Video "Proses Penetasan Telur Bebek Brebes"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/fay)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED