Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Agu 2019 01:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Dombat, Domba Langka dari Dieng yang Bikin Penasaran

Uje Hartono
detikTravel
Domba Batur (Dombat)  (Uje Hartono/detikcom)
Domba Batur (Dombat) (Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Festival Domba ikut meramaikan Dieng Culture Festival. Domba-domba langka yang menggemaskan ini pun menarik mata wisatawan yang penasaran dengan rupanya.

Festival Domba Batur (Dombat) kembali digelar di Dieng Culture Festival (DCF) 2019. Hewan yang hanya cocok di udara dingin ini memiliki ciri bulu yang lebih tebal. Bahkan bulu tumbuh sampai di kepala hingga keempat kaki domba. Tidak heran, jika keberadaannya menjadi daya tarik wisatawan.

Sayangnya, populasi Dombat ini terus menurun setiap tahunnya. Dalam setahun, populasi domba ini terus turun 5 sampai 10 persen. Hingga saat ini Dinas Pertanian dan Peternakan Banjarnegara mencatat, populasi Dombat hanya 8.860 ekor.

"Populasinya memang terus menurun setiap tahunnya antara 5 sampai 10 persen. Makanya, kami terus menggenjot salah satunya dengan cara mengadakan festival domba batur," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Banjarnegara Totok Setya Winarna di Dieng, Sabtu (3/8/2019).

(Uje Hartono/detikcom)(Uje Hartono/detikcom)


Dengan festival ini, diharapkan para peternak tidak menjual secara besar-besaran indukan domba Batur. Selain itu, menumbuhkan kecintaan anak muda terhadap hewan tersebut.

"Dalam festival, diadakan lomba bobot Dombat, jantan tangguh, dan betina baik. Sehingga, ada kebanggaan di antara peternak dan mereka juga tidak mudah menjual bibit unggul domba batur," harapnya.

(Uje Hartono/detikcom)(Uje Hartono/detikcom)


BACA JUGA: Berbagai Atraksi yang Bisa Dikunjungi di Dieng Culture Festival

Menurutnya, selama ini faktor menurunnya populasi domba batur adalah penjualan bibit secara besar-besaran. Terutama jelang hari raya lebaran Idul Adha.

"Penyebabnya, peternak cenderung menjual pada musim-musim lebaran. Padahal, domba batur ini memiliki banyak manfaat. Selain daging, juga bulunya bisa dimanfaatkan untuk membuat jaket, boneka hingga bantal," ujarnya.

Domba Batur sebagian besar hidup di Kecamatan Batur. Karena, domba ini lebih cocok hidup di tempat yang memiliki suhu udara dingin. "Kalau di suhu panas tetap bisa hidup tetapi tidak maksimal jika dibanding di Batur," jelasnya.

Dombat, Domba Langka dari Dieng yang Bikin PenasaranFoto: (Uje Hartono/detikcom)
BACA JUGA: Tempat Wisata Baru di Dieng Buat Hangatkan Badan



Simak Video "Suhu di Dieng Kembali Normal, Embun Es Tak Terbentuk"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED