Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Okt 2019 23:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mercusuar, Ikon Wisata di Ujung Utara Indonesia

Bonauli
detikTravel
Mercusuar Miangas (Muhammad Ridho)
Mercusuar Miangas (Muhammad Ridho)
Miangas - Layaknya pulau-pulau perbatasan, Miangas juga punya mercusuar sebagai ikon. Berada di bukit tertinggi pulau, wisatawan bisa menikmati Miangas dari ketinggian.

"Belum ke Miangas kalau tidak ke mercusuar," begitulah ungkapan warga Miangas pada tiap pendatang.

Tim detikcom yang melakukan ekspedisi bersama Bank BRI langsung dibikin penasaran dengan mercusuar ini.




Benar saja, pulau di ujung utara Indonesia ini tampak sangat cantik. Jadi wajar kalau kamu akan terus diajak naik ke mercusuar oleh penduduk setempat.

Untuk naik ke mercusuar, kamu bisa didampingi oleh ketua adat atau penduduk setempat. Jalannya hanya satu, melewati markas angkatan TNI POSAD.

Mercusuar, Ikon Wisata di Ujung Utara IndonesiaFoto: Muhammad Ridho


Tapi tak perlu khawatir, karena mereka memang bertugas untuk menjaga pulau perbatasan ini. Maklum, Miangas adalah Border Cross Area.

Dari POSAD kamu akan berjalan sekitar 10 menit untuk sampai di kaki bukit. Jalan menuju mercusuar sudah dipermudah dengan adanya tangga.

Meski sudah ada akses, anak tangga yang berjumlah sekitar 190an bikin kamu berolahraga. Bukit yang curam membuat langkah saya berat dan napas tersengal.

Tegak menghadap lautan, mercusuar tampak gagah dari balik anak tangga. Saya berbalik dan melihat keindahan pulau ini dari atas bukit. Memang, paras cantik Miangas tak bisa dielakkan.

Kamu yang suka tantangan, rasanya cocok datang ke mercusuar ini. Mercusuar setinggi 45 meter ini punya 9 lantai yang bisa dijajaki.

Mercusuar, Ikon Wisata di Ujung Utara IndonesiaFoto: Muhammad Ridho

Sayangnya, tembok mercusuar sudah habis diangkat angin. Yang tersisa hanyalah rangka mercusuar dan 168 anak tangga menuju puncak mercusuar.

Jika ingin berkunjung ke mercusuar diharapkan untuk datang pagi-pagi. Karena, angin akan semakin kencang jika sudah siang atau sore hari. Ini cukup berbahaya, mengingat tembok mercusuar yang bolong-bolong.

Rasa lelah karena mendaki bukit dan anak tangga akan terbayar lunas di puncak menara. Dari sini terlihat jelas sudut pemukiman dan garis pantai Miangas yang menggoda.

Mercusuar, Ikon Wisata di Ujung Utara IndonesiaFoto: Muhammad Ridho


Gulungan gelombang terlihat jelas menghantam bibir pantai. Buih-buih putih meninggalkan jejak di pantai berkarang hitam.

Landasan pacu pesawat terlihat jelas di sisi pantai. Untaian pohon kelapa jadi inti pulau ini.

Mercusuar ini bukan hanya cahaya keselamatan bagi para kapal, tapi juga penduduk Miangas. Di atas mercusuar ini dipasang beberapa panel surya yang diubah menjadi listrik.

Mercusuar, Ikon Wisata di Ujung Utara IndonesiaFoto: Muhammad Ridho


detikcom bersama Bank BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan.

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com! (tapalbatas.detik.com)

Simak Video "Dari Kami Untuk Mereka di Tapal Batas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA