Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Sep 2020 23:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

11 Destinasi Wisata Favorit Lombok

Femi Diah
detikTravel
Danau Segara Anak
Foto: (Yoseph Amada Novian/d'Traveler)
Jakarta -

Lombok viral di Twitter setelah memenangkan hati netizen saat dibandingkan dengan wisata Yogyakarta. Bagi traveler, berikut deretan destinasi wisata di Lombok.

lombok yang ada di Nusa tenggara Barat (NTB) memiliki beragam destinasi wisata, baik gunung ataupun pantai. Di pulau dengan luas 4.800 km persegi itu juga memiliki kuliner khas yang menjerat lidah wisatawan.

Di antara destinasi wisata di Lombok, mana yang menjadi favorit kalian?

Berikut 11 destinasi wisata lombok yang bisa menjadi pilihan traveler untuk melancong nanti atau bahkan sudah kalian singgahi:

1. Gunung Rinjani

Gunung RinjaniGunung Rinjani Foto: (Dok. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani)

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.727 mdpl. Untuk pendakian, gunung ini memiliki dua jalur resmi Sembalun dan Senaru.

Selain puncak, para pendaki memburu Danau Segara Anak yang memiliki keindahan luar biasa. Danau Segara Anak

Oleh warga Sembalun, Rinjani dianggap sebagai pelindung Pulau Lombok sedangkan Segara Anak adalah penyimpan air dunia.

2. Desa Adat Beleq

Rumah adat di Sembalun, LombokRumah adat di Sembalun, Lombok Foto: (bertoo/d'Traveler)

Desa adat Beleq merupakan cikal bakal masyarakat Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya diapit dua bukit Gunung Rinjani, Pergasingan dan Selong.

Seluruh Desa Adat ini bisa dilihat dari atas Bukit Selong. Desa Beleq mempunyai tujuh rumah adat yang merupakan tempat tinggal tujuh kepala keluarga baru setelah desa sebelumnya habis akibat amukan Gunung Samalas pada 1257.

Rumah adat itu terbuat dari jerami atau daun ilalang dengan berdindingkan anyaman bambu. Lantainya dari tanah yang ditinggikan dari permukaan tanah setelah dilapisi kotoran sapi.

Jajaran bangunan pertama sebanyak empat rumah sedangkan di baris kedua ada tiga rumah. Tepat di ujung tengah barisan rumah itu, kiri kanannya berdiri dua lumbung untuk menyimpan persediaan makanan.

3. Pantai Senggigi

Sejumlah pengunjung menikmati suasana pantai Batu Bolong di Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB, Rabu (15/7/2020). Pulau Lombok dan Bali masuk sepuluh pulau terbaik Asia dalam ajang ''World's Best Awards'' yang dilakukan oleh media global Travel + Leisure berdasarkan hasil survei pembaca terkait aktivitas, pemandangan, atraksi alam, pantai, makanan, keramahtamahan serta evaluasi keseluruhan saat berlibur ke pulau di Asia. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.Sejumlah pengunjung menikmati suasana pantai Batu Bolong di Senggigi, (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)

Pantai Senggigi merupakan ikon wisata Lombok. Pantai pasir putih sepanjang 10 kilometer yang membentuk teluk ini berada dekat dari Mataram.

Di Pantai Senggigi, traveler bisa bermain pasir, berenang, menyaksikan matahari terbenam, hingga snorkeling. Jalan raya yang mulus sepanjang pantai ini menjadi trek pehobi balap sepeda.

4. Gili Trawangan

Pantai di Gili Trawangan.Pantai di Gili Trawangan. Foto: (arnistaher/d'Traveler)

Gili Trawangan merupakan pulau kecil tak jauh dari Lombok. Traveler bisa menggunakan kapal umum untuk menyeberang ke pulau itu.

Di Gili Trawangan, traveler bisa sekadar bersantai di pantai, snorkeling, ataupun bergabung dengan grup diving, atau bersepeda berkeliling pulau.

Gili Trawangan juga memiliki banyak cafe, restoran, dan hiburan malam. Pulau ini bebas kendaraan bermotor, lo.

5. Gili Meno

Petugas PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Barat melakukan pemeliharaan rutin terhadap panel surya di Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Pulau Gili Meno, NTB, Selasa (9/12). PT Perusahaan Listrik Negara (PLN persero) wilayah Lombok mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) di tiga wilayah tujuan wisata yakni Gili Air, Gili Meno dan Gili Terawangan.Gili Meno Foto: Istimewa/dok Agus Humas PLN

Gili Meno berada di barat daya Lombok, tepatnya di tengah-tengah Gili Air dan Gili Trawangan. Traveler bisa mengakses pulau kecil ini dengan speedboat dari Bali atau kapal umum dari Senggigi.

Gili Meno yang relatif sepi pas dijadikan destinasi honeymoon. Traveler bisa berjemur, berenang, dan menyelam di perairan yang jernih. Di sini juga ada penangkaran penyu.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA