Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Jan 2021 20:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jalan Panjang Menuju Puncak Gunung Argopuro

Sunarto Heri K
detikTravel
Gunung Argopuro
Foto: Sunarto Heri K/d'traveler

Menapaki Jalur Terpanjang di Hari Ketiga

Hari ketiga perjalanan bisa dilanjutkan menuju sabana lonceng, camp terakhir dan terdekat dari semua puncak yang ada di Gunung Argopuro. Tak seperti medan-medan yang sudah dilalui, kontur jalur bebatuan yang terjal ditambah trek yang menanjak semakin menambah tingkat kesulitan dalam pendakian hari ketiga ini.

Estimasi perjalanan membutuhkan sekitar waktu 8-10 jam untuk mencapai sabana lonceng dari Cikasur. Dalam perjalanan para pendaki bisa sejenak beristirahat di Rawa Embik untuk melepaskan dahaga dengan mengisi sumber air di pos ini. Sesampainya di Sabana Lonceng disarankan untuk segera bongkar muatan dan memasang tenda karena suhu di sabana lonceng sangat dingin dan bisa menyebabkan hipotermia.

Eksotika Puncak dan Taman Hidup Argopuro

Hari keempat perjalanan dilanjutkan menuju Puncak Argopuro, tetapi biasanya para pendaki akan memilih Puncak Rengganis terlebih dahulu sebelum ke Puncak Argopuro karena pemandangan di Puncak Rengganis lebih terlihat jelas keindahannya. Hampir kebanyakan pendaki yang ke Puncak Argopuro mereka akan melewati jalur lintas dengan turun ke Basecamp Baderan.

Perjalanan berjam-jam dari Puncak Argopuro menuju Basecamp Baderan dengan medan yang curam bisa diistirahatkan di danau taman hidup. Biasanya beberapa pendaki yang ingin menikmati pagi hari bersama kabut lembut memilih untuk ngecamp di area pinggir danau sambil menikmati pancaran bintang dan suara gemercik air danau taman hidup.

Selepas dari taman hidup perjalanan bisa dilanjutkan menuju Basecamp Bremi yang memakan waktu sekitar 5 jam lamanya. Jalur yang dilewati cenderung turun curam dan licin, cuma bedanya dari jalur puncak perjalanan turun ini bisa menggunakan ojek dari penduduk yang sedang mengambil tumbuhan untuk kebutuhan.

Tarif yang dipatok sesuai dengan kesepakatan antara pendaki dan ojek karena tidak adanya aturan yang mengikat terkait tarif ojek, dan tentunya akan diantar dengan penuh totalitas sampai basecamp.

Perjalanan Argopuro memang memberi kesan tersendiri, panjang jalurnya dinobatkan sebagai gunung dengan jalur terpanjang di Pulau Jawa dan memberikan jalan cerita yang panjang bagi penikmatnya.

Cerita dari keindahan, keheningan,ketenangan, penuh cengkerama dan mistis adalah cerita lengkap dari Argopuro yang selalu diburu oleh penikmat wisata pendakian.

Gunung Argopuro memang berbeda dari gunung lainnya dan Argopuro memberi kesan tersendiri bagi penikmatnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA