Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Jan 2021 12:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jalan-Jalan ke Surabaya? Jangan Lewatkan 7 Hidangan Khas Ini

rujak cingur
Foto: Rujak cingur (Istimewa)
Jakarta -

Jalan jalan ke Surabaya jangan lupa cicipi kulinernya yang khas. Kota ini punya banyak makanan lezat yang harus traveler coba.

Mulai dari yang pedas, gurih hingga manis semua bisa bikin traveler ketagihan untuk mencicipinya lagi. Berikut 7 kuliner khas Surabaya.


1. Rujak Cingur

Berbeda dari rujak pada umumnya, rujak cingur punya sensasi yang khas saat dimasukkan ke mulut. Bahan-bahannya dari tauge, kangkung, tahu, tempe, buah buahan dan pemeran utamanya cingur.

Ya, keunikan hidangan ini ada di cingur atau hidung kerbau. Kelezatan rujak ini juga berasal dari bumbu petis yang pedas. Sudah pernah mencoba?

2. Rawon

Makanan khas Surabaya selanjutnya yaitu Rawon. Kekhasannya ada di warna dan rasanya yang lezat.

Nah, ada satu restoran yang menyediakan rawon, namanya Rawon Setan. Di sini potongan dagingnya berukuran besar, ditambah sayuran, kuah segar dan sambal yang pedas begitu nikmat hingga suapan terakhir.

rawon enak di surabayarawon enak di surabaya Foto: Istimewa

3. Lontong Balap

Konon, Lontong balap sudah ada sejak tahun 1913. Hidangan ini menyediakan paduan lontong, tahu, remasan lentho, kecambah setengah matang dan disiram dengan kuah kaldu yang gurih.

Lontong balap semakin lezat jika ditambahkan sate kerang dan sambal. Katanya nama lontong balap karena dahulu penjualnya menggunakan pikulan, karena berat jadi penjual berjalan tergesa-gesa seperti orang balapan.

4. Sate Klopo

Sate khas Surabaya ini menggunakan kelapa atau kelopo parut, makanya dinamakan Sate Klopo. Potongan daging dan sapinya dilumuri kelapa parut yang menghasilkan rasa yang gurih ketika dibakar.

Sate Klopo juga disajikan dengan serundeng, lontong dan acar pedas. Nah, salah satu restoran sate kelopo yang paling terkenal adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih di Jalan Wali Kota Mustajab, no. 36, Surabaya.

5. Tahu Campur

Tak kalah lezat, hidangan tahu campur juga bisa kamu cicipi kalau ke Surabaya. Tahu campur terdiri dari mie kuning, tahu goreng, tauge, perkedel singkong yang disiram dengan rebusan daging berkuah.

Perkedel berbentuk segi empat dan petis udang jadi ciri khasnya, dan yang tak boleh ketinggalan adalah kerupuk udang atau kerupuk kanji. Kalau kamu suka yang pedas-pedas, bisa ditambah dengan sambal cabe rawit.

Matoh Banget! Tahu Campur Cak Ali Buat SarapanMatoh Banget! Tahu Campur Cak Ali Buat Sarapan Foto: detikcom / Erliana Riady

6. Tahu Tek

Masih kuliner khas Surabaya berbahan dasar tahu, tahu tek juga tak kalah menggoda. Satu porsinya terdiri dari tahu goreng, telur dadar, lontong dan tauge.

Bahan-bahan tersebut lalu disiram dengan kuah bumbu kacang kental dengan campuran petis. Ada pula yang ditambahkan dengan irisan kikil yang lembut.

tahu tek surabayatahu tek surabaya Foto: instagram

7. Sego Sambel

Sego Sambel atau penyetan menyajikan lauk tempe, ayam penyet, ikan lele, telur dadar hingga iwak pe. Semua lauk tersebut akan disajikan dengan nasi hangat dan sambal di cobek.

Salah satu warung legendarisnya berada di Jalan Jagir No. 12, Wonokromo Wetan, namanya Sego Sambel Iwak Pe Mak Yeye. Warung ini sudah ada sejak tahun 1982 lho travelers.


Itu dia 7 hidangan khas Surabaya yang direkomendasikan buat traveler. Tertarik untuk mencoba?



Simak Video "Bikin Laper: Santap Rawon Berdaging Lembut di Menteng"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA