Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Sep 2021 20:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sudah Tahu? Ada Jembatan dan Empang Jokowi di Ujung Utara Bekasi

Jembatan Muara Gembong atau Jembatan Jokowi di Kabupaten Bekasi.
Jembatan Jokowi di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi (Randy/detikTravel)
Kabupaten Bekasi -

Di ujung utara Kabupaten Bekasi dapat dijumpai Jembatan Muara Gembong yang kerap disebut juga sebagai Jembatan Jokowi. Ini asal muasal di baliknya.

Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi memang diketahui gemar blusukan ke sejumlah daerah di Indonesia. Dalam setiap lawatannya, tak jarang sosok nomor satu di Indonesia itu meninggalkan sesuatu.

Di Kabupaten Bekasi misalnya, Jokowi meninggalkan sebuah jembatan yang oleh masyarakat sekitar dikenal sebagai Jembatan Jokowi. Hal itu diutarakan salah satu masyarakat setempat kala detikTravel berkunjung ke Muara Gembong hari Sabtu pekan lalu (18/9/2021).

"Ke Muara Gembong nanti lewat Jembatan Jokowi, belok kanan, kanan lagi lalu lurus," ujar warga lokal bernama Asep yang kami jumpai.

Jembatan Muara Gembong atau Jembatan Jokowi di Kabupaten Bekasi.Jembatan Muara Gembong atau Jembatan Jokowi di Kabupaten Bekasi (Randy/detikTravel)

Lantas tim detikTravel pun dibuat bingung, soalnya tak ada nama Jembatan Jokowi di aplikasi pelacak jalan. Ternyata, itu bukan nama sebenarnya.

"Ya itu dinamain warga begitu pas pak Jokowi datang berkunjung ke sini. Ada juga empang Jokowi," dia menambahkan.

Usut punya usut, Jembatan Jokowi yang dimaksud Asep memiliki nama asli Jembatan Muara Gembong. Berdasarkan penelurusan detikTravel, jembatan itu menghubungkan dua desa di Muara Gembong, yakni Desa Pantai Mekar dan Desa Pantai Bahagia yang terpisah oleh Kali Citarum.

Kala itu Jokowi mengatakan pembangunan jembatan itu memang sengaja dia perintahkan pada tahun 2017. Saat itu, Jokowi berkunjung dan melintas di lokasi tersebut.

Gaya Jokowi Naik Motor Trail Tinjau Tambak Udang di Muara GembongGaya Jokowi Naik Motor Trail Tinjau Tambak Udang di Muara Gembong (Ray Jordan/detikcom)

Jokowi menuturkan jembatan itu ditujukan untuk mempermudah akses warga maupun untuk produksi udang di Desa Pantai Bahagia. Untuk diketahui, terdapat sekitar 11 ribu hektare lahan yang sebagian digunakan untuk lokasi tambak udang oleh warga sekitar.

Selanjutnya: Kata Jokowi

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA