Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Sep 2021 20:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bike Heritage, Gowes Susuri Peradaban Pra Sejarah dan Kerajaan di Bogor

M. Sholihin
detikTravel
Bike Heritage, Wisata Sejarah Menelusuri Pradaban Pra Sejarah dan Kerajaan di Kota Bogor Sambil Goes
Foto: Bike Heritage di Bogor (M.Sholihin/detikcom)
Jakarta -

Kota Bogor yang terkenal sebagai kota kuliner ternyata menyimpan banyak sejarah yang layak diketahui. Apa traveler sudah tahu?

Jejak-jejak kehidupan manusia sejak masa prasejarah, masa kerajaan, hingga masa perkembangan ilmu dan teknologi di era modern dapat ditemui di Kota Bogor.

Sekelompok pemuda berisi pegiat wisata dan pegiat sejarah di Kota Bogor mengajak masyarakat mengenal Kota Bogor melalui "Bike Heritage". Komunitas ini memadukan olahraga dan wisata.

Selain mendapatkan manfaat dari olahraga bersepeda, wisatawan juga mendapat wawasan baru terkait sejarah Kota Bogor.

"Bike Heritage ini konsep perpaduan antara olahraga dan wisata. Kita ajak wisatawan gowes bareng melalui trek atau jalur yang sudah kita tentukan. Di jalur ini kita akan temukan jejak-jejak peradaban pra sejarah, era kerajaan, sampai era perkembangan ilmu pengetahuan," kata Co-founder Ekotifa, Efrodita Indayana, Sabtu (25/9/2021).

"Untuk rutenya, kurang lebih 10 kilometer, saya kira jarak yang cukup menyehatkan dengan bersepeda. Bonus lainnya kita dapat informasi sejarah di Kota Bogor," dia menambahkan.

"The Lost Kingdom Of Dayo Pakwan Pajajaran" menjadi tema yang diangkat oleh penggagas Bike Heritage. Dengan tema ini, wisatawan diajak mengenal titik-titik yang diyakini menjadi lokasi kerajaan Pajajaran.

"Kita kenalkan sejarah Pajajaran di Kota Bogor ke wisatawan dengan situs-situs yang ada di sekitaran Batu Tulis. Kita ajak wisatawan untuk masuk ke era Pajajaran, dengan informasi-informasi terkait letak dan sejarah Pajajaran di Kota Bogor," kata pegiat sejarah dari komunitas Bogor Historia Eko Hadi.

Bike Heritage, Wisata Sejarah Menelusuri Pradaban Pra Sejarah dan Kerajaan di Kota Bogor Sambil GoesBike Heritage, Wisata Sejarah Menelusuri Pradaban Pra Sejarah dan Kerajaan di Kota Bogor Sambil Goes Foto: (M.Sholihin/detikcom)

"Misalkan, dari banyak informasi dan literasi yang didapat, diyakini kalau kawasan utama keraton Pajajaran itu ya di sini, di kawasan Batu Tulis ini. Banyak informasi sejarah yang akan kita berikan dalam kegiatan Bike Heritage ini," dia menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA