Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Sep 2021 14:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Buah Pisang Raksasa dari Papua Nih, Panjang 30 cm, Diameter 10 cm!

Hari Suroto
detikTravel
Pisang Tongkat Langit di pasar Fakfak, Papua Barat.
Pisang Tongkat Langit di pasar Fakfak, Papua Barat Foto: Hari Suroto
Fakfak -

Pisang dari Papua ini terlihat unik. Namanya pisang tongkat (sebagian ada yang menulis tongka) langit (Musa troglodytarum). Tidak seperti pisang pada umumnya, pisang tongkat langit memiliki tangkai buah tegak lurus ke langit dan berukuran lebih besar dari buah pisang pada umumnya.

Selama ini pisang tongkat langit tumbuh dan mudah dijumpai di Pulau Kapotar, sebuah pulau kecil di Teluk Cenderawasih, Distrik Kepulauan Moora, Kabupaten Nabire, Papua.

Data terbaru menunjukkan bahwa pisang tongkat langit juga ditemukan di Fakfak, Papua Barat. Hal ini berdasarkan buah pisang tongkat langit yang dijual secara sistem barter di Pasar Mambuni Buni, Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak. Pasar Mambuni Buni, hingga saat ini masih melestarikan sistem barter.

Pisang tongkat langit ditanam di lahan semi hutan atau tumbuh secara alami di hutan Fakfak. Tinggi tanaman pisang tongkat langit, rata-rata lima hingga tujuh meter, batangnya tegak lurus, sedangkan buahnya menengadah ke langit.

Buah pisang tongkat langit berukuran panjang sekitar 20 -30 cm dengan diameter 5 - 10 cm.

Kandungan gizi pisang tongkat langit

Buah pisang tongkat langit berkulit tebal, daging buah berwarna oranye, saat dimakan berasa mentega lembut dan tidak terlalu manis.
Buah pisang tongkat langit berwarna oranye, karena mengandung betakaroten yang sangat tinggi.

Betakaroten merupakan zat kaya vitamin A yang umumnya dijumpai pada wortel. Pisang tongkat langit terdapat sekitar 4.960 µg betakaroten per 100 gram. Hanya dengan mengonsumsi 250 gram pisang tongkat langit, kebutuhan akan vitamin A per hari seseorang akan terpenuhi.

Pisang muda kulitnya berwarna hijau, pisang tua siap panen kulitnya berwarna kuning tua Pisang ini merupakan tumbuhan endemik Nugini dan Melanesia. Pada masa prasejarah, pisang ini banyak dibudidayakan bersama sukun, buah merah, tebu dan keladi.

Khasiat Pisang Tongkat Langit

Pisang ini, dikenal memiliki khasiat sebagai obat tradisional, seperti meredakan panas dalam, membersihkan ginjal, mengobati diabetes, menjaga kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan.

Pisang tongkat langit tidak bisa dimakan langsung, namun harus diolah lebih dahulu, meskipun matang pisang ini rasanya cenderung asam. Pisang diolah dengan direbus atau dibakar.

----

Hari Suroto

Balai Arkeologi Papua



Simak Video "Senyum Semringah Jokowi Buka PON XX Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA