Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Okt 2021 07:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan Kali Ini Cuma Jakarta? Jangan Sedih, Ini Itinerarynya

bonauli
detikTravel
Pulau Tidung di Kepulauan Seribu.
Pulau Tidung (Johanes Randy/detikcom)
Jakarta -

Jakarta punya banyak cerita. Jangan cuma duduk manis di rumah, kamu yang berakhir pekan di Jakarta juga bisa liburan ke tempat-tempat seru kok.

Siapa bilang Jakarta tak punya banyak tempat seru untuk liburan? Di tengah pandemi ini, ada beberapa tempat wisata yang sudah buka dan bisa kamu nikmati.

Dirangkum detikTravel, inilah itinerary untuk kamu yang mau berakhir pekan di Jakarta:

Hari Pertama

Tengah kota Jakarta menjadi tempat yang tepat untuk memulai penjelajahan Batavia. Ya, Monas bisa menjadi tempat pertama yang kamu kunjungi di akhir pekan.

Monumen dengan emas murni 38 kg ini memang selalu jadi tempat favorit. Kamu bisa sekedar jalan pagi atau hunting foto. Masuklah ke diorama Monas, di sana traveler akan melihat perjuangan para pahlawan bangsa saat merebut kemerdekaan. Dijamin, makin cinta dengan Indonesia.

Setelah puas berkeliling Monas, traveler bisa melanjutkan perjalanan ke Kota Tua. Kawasan ini kini semakin cantik karena sudah ada beberapa area yang dipugar. Mulai dari area sungai yang makin instagrammable dan area pedagang yang sudah ditata.

Gelaran Formula E batal digelar di Monas, Jakarta Pusat. Formula E batal digelar di Monas lantaran terkendala perizinan dari pemerintah pusat.Monas, Jakarta Pusat. Foto: Agung Pambudhy

Seperti yang kita tahu, Kota Tua punya banyak museum di sana. Traveler bisa main ke Museum Fatahillah, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik. Harga tiketnya dijamin enggak bikin kantong bolong.

Cobalah menyewa sepeda onthel sembari menikmati suasana Batavia tempo dulu. Jangan lupa untuk mengabadikannya sehingga bisa kamu pamerkan di media sosial.

Lapar? Kota Tua juga punya sederet wisata kuliner yang wajib kamu coba. Makanan khas Betawi seperti kerak telor, ketoprak dan es potong tempo dulu bisa menjadi pengisi perut setelah lelah jalan-jalan.

Hari Kedua

Tempat wisata ikonik Jakarta lainnya adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). TMII beralamat di Jakarta Timur dengan luas wilayah sekitar 150 hektar.

Di sini traveler bisa puas melihat keberagaman budaya Indonesia. Ada 34 rumah adat yang bisa dijajaki sambil foto-foto. Oiya, tiap anjungan punya tarian daerah, kalau beruntung kamu bisa melihatnya.

Sama seperti Kota Tua, TMII memiliki beberapa museum. Ada Museum Prangko Indonesia, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Telekomunikasi dan Museum Olahraga Nasional.

TMII juga ramah anak, ada Istana Anak-anak Indonesia yang bisa dikunjungi.Tak hanya itu, traveler juga bisa belajar tentang keanekaragaman flora dan fauna Indonesia. Tempatnya adalah wahana Dunia Air Tawar dan Serangga, Taman Burung dan Taman Bekisar, serta Museum Fauna Indonesia Komodo.

TMIITMII Foto: Tiara Rosana/detikcom

Setelah lelah seharian bermain, wisata kuliner memang paling dicari. Traveler bisa mampir ke Soto Betawi H. Ma'ruf yang ada di Jalan Pramuka No.64, Cikini. Soto Betawi ini sudah ada sejak tahun 1940, lho!

Kuah soto Betawi yang kental berpadu dengan daging, tulang muda, dan tulang rawan yang empuk. Taburan bawang goreng dan emping melinjo di atas soto semakin menambah kelezatan salah satu makanan khas Jakarta ini.

(Halaman selanjutnya>>>)

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA