Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Jan 2022 14:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tengok Lagi Sejarah Jakarta di Museum Fatahillah

Tengok Lagi Sejarah Jakarta di Museum Sejarah Jakarta
Foto: (Tiara Rosana/detikcom)
Jakarta -

Sedang merencanakan destinasi libur awal tahun? Rindu dengan cerita sejarah Jakarta pada masa penjajahan? Museum Sejarah Jakarta atau Fatahillah adalah tempat yang tepat untuk kamu.

Museum yang dulunya Balai Kota Batavia ini berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Museum ini masih tergabung dalam kawasan Kota Tua Jakarta.

Tengok Lagi Sejarah Jakarta di Museum Sejarah JakartaTengok Lagi Sejarah Jakarta di Museum Sejarah Jakarta Foto: (Tiara Rosana/detikcom)

Ada sekitar 20 ribu koleksi di dalam bangunan, yang setiap koleksinya punya cerita tersendiri. Mulai dari peralatan batu dan logam pada zaman pra sejarah, prasasti dan patung peninggalan masa klasik, lukisan para petinggi Belanda pada masa penjajahan, hingga pakaian adat Betawi, semua lengkap di museum ini.

Selain untuk berwisata, pengunjung di museum ini juga bisa belajar banyak sejarah. Seperti halnya yang dilakukan oleh Agung (28) dan Fitri (26), yang memilih berkunjung ke museum untuk berwisata sekaligus mempelajari sejarah Jakarta.

"Karena hari ini hari kerja dan mikirnya nggak akan terlalu ramai, jadi ya sudah pergi wisata. Alasannya memilih ke museum karena sekalian belajar, pengen tau aja," ungkap Agung.

Tengok Lagi Sejarah Jakarta di Museum Sejarah JakartaTengok Lagi Sejarah Jakarta di Museum Sejarah Jakarta Foto: (Tiara Rosana/detikcom)

Pasangan itu mengaku cukup terkesan dengan kunjungan perdana mereka ke Museum Sejarah Jakarta kali ini. Mereka merasa bisa flashback dan ikut merasakan keadaan masyarakat Jakarta zaman dulu.

"Iya, pasti lah. Kalau bicara sejarah dan museum pasti berkesan sih, kita kayak flashback ke masa-masa mereka yang nggak pernah kita lihat gitu," tutur Agung.

Agung dan Fitri juga membagikan tips unik sebelum berkunjung ke Museum Sejarah, yaitu baca tentang sejarah terlebih dahulu sebelum pergi, dengan alasan agar ketika di dalam museum tidak terlalu buta dengan sejarah.

"Tipsnya baca sejarah dulu, biar gak buta-buta banget," kompak keduanya sambil tertawa.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA