Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 08 Jan 2022 15:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bingung Mau Kemping di Mana? Bumi Perkemahan Mandalawangi Jadi Pilihan Tepat

Luthfi Hafidz
detikTravel
Bumi Perkemahan Mandalawangi
Bumi Perkemahan Mandalawangi (Foto: Luthfi Hafidz/detikcom)

Rute ke Bumi Perkemahan Mandalawangi

Untuk mencapai Curug Rawa Gede dari Camping Ground Mandalawangi Cibodas dapat ditempuh dengan hiking melewati hutan dengan jalanan setapak berbalas batu hitam yang sebagiannya adalah tanah.

Traveler harus berhati-hati saat menyusuri jalurnya mengingat hanya terdapat jalan setapak yang di kanan dan kirinya berupa jurang.

Fasilitas yang tersedia di sini cukup memadai mulai dari mushola untuk beribadah, toilet umum yang bersih dan nyaman untuk keperluan traveler, hingga warung makan jika traveler hendak membeli makan dan enggan memasak sendiri.

Tak ketinggalan terdapat pedagang keliling yang berjualan di sekitar perkemahan dan juga fasilitas penyewaan alat kemah yang sangat lengkap dapat traveler temui di sini.

Jika traveler ingin berkunjung maka rute yang harus dilewati jika dari jalan provinsi Puncak-Cianjur menuju Bumi Perkemahan Mandalawangi akan melewati simpang tiga Paregrejen dan persimpangan Cibodas.

Lalu perjalanan berlanjut sejauh 5 km menuju arah kawasan wisata Cibodas. Kendaraan yang dapat menjangkau Bumi Perkemahan Mandalawangi dari Jakarta, Bogor dan Bandung adalah kendaraan roda dua, roda empat, serta bus.

Bila traveler menggunakan kendaraan umum, maka dapat memilih kendaran bus arah Cianjur/Bandung atau pikap L300 dan berhenti di pertigaan Cibodas. Dari pertigaan Cibodas selanjutnya menggunakan angkutan umum berwarna kuning jurusan Cibodas sehingga sampai di Balai Taman Nasional Gede-Pangrango, selanjutnya berjalan kaki hingga ke lokasi.

Jika dari Cianjur maka jarak tempuh sepanjang 25 km, 85 km jika dari Bandung dan sekitar 95 km dari Jakarta. Kondisi jalan menuju Bumi Perkemahan Mandalawangi beraspal lebar.

Ketika berkunjung traveler jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan kebersihan di sekitar area wisatanya ya!

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Serunya Kemping Mewah dengan Campervan, Serasa Jadi Sultan!"
[Gambas:Video 20detik]

(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA