Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Mei 2017 07:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Merah Membara, Ini Danau Lava Gunung Kilauea

Danau Lava di Hawaii (BBC Travel)
Danau Lava di Hawaii (BBC Travel)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
Honolulu - Danau cantik sudah biasa, tap bagaimana dengan danau lava? Bukan mengada-ada, danau lava sungguh ada di Gunung Kilauea Hawaii.

Selain menjadi destinasi liburan favorit wisatawan, Hawaii juga memiliki banyak gunung api yang masih aktif. Salah satunya adalah Gunung Kilauea yang berjarak 48 Km dari Hilo.

Dilansir detikTravel dari situs pariwisata Hawaii, Senin (30/5/2016), Gunung Kilauea memang dikenal akan lavanya yang abadi. Uniknya, letusan yang ada menciptakan Kawah Halemaumau yang diisi oleh lava.

Apabila dilihat dari atas, kawah tersebut memang tampak seperti danau yang berisi lava tak berkesudahan. Keunikan itu pun tercipta atas proses panjang.

Pada 3 Januari 1983, Gunung Kilauea meletus dan terus aktif hingga kini. Salah satu buktinya adalah aliran lava di kawah gunung yang terus menyala dan mengalir tanpa henti. Bagi masyarakat Hawaii, gunung itu juga dianggap keramat karena disebut sebagai kediaman Dewi Pele.

Kawah ini disebut juga danau lava (National Park Service)Kawah ini disebut juga danau lava (National Park Service)

Fakta lainnya, setiap hari Gunung Kilauea menghasilkan 250-650 ribu kubik lava setiap harinya. Para ahli pun memperkirakan kalau erupsi tersebut baru akan berakhir 100 tahun mendatang.

Oleh sebab itu, Gunung Kilauea dimasukkan menjadi salah satu Situs Biosphere Dunia dan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Gunung itu juga masuk dalam Taman Nasional Gunung Api Hawaii, bersama dengan Gunung Maunaloa.

Tapi walau merupakan bencana alam, nyatanya Gunung Kilauae dan Kawah Halemaumau menjadi atraksi wisata ekstrem yang menarik. Traveler yang penasaran dan ingin melihat bisa terlebih dulu singgah ke Kilauea Visitor Center.

Traveler yang melihat dari kejauhan (BBC Travel)Traveler yang melihat dari kejauhan (BBC Travel)

Di sana, traveler bisa melihat profil Gunung Kilauea melalui film serta bertemu langsung dengan ranger sekaligus pemandu taman nasional. Nantinya Anda akan dipandu jika ingin melihat gunung dan danau lava tersebut.

Demi alasan keamanan, traveler tentu tidak dapat mendekati Gunung Kilauea dan Kawah Halemaumau secara langsung. Untuk melihatnya, traveler bisa datang ke Museum Jaggar yang juga menjadi lokasi pemantauan.

Dari jarak aman di lokasi pemantauan, traveler bisa melihat lava panas yang bergejolak di Kawah Halemaumau. Kapan dan di mana lagi bisa melihat kawah penuh lava seperti di Hawaii?

Perlu diketahui juga, kalau Museum Jaggar buka setiap hari dari pukul 08.30-17.00 waktu setempat. Sempatkanlah untuk melihat salah satu fenomena alam unik ini jika liburan ke Hawaii. (rdy/fay)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED