Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Jan 2021 20:23 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Gedung Nuklir Tersembunyi di Kota Hantu Polandia

Borne Sulinowo
Foto: Borne Sulinowo (Getty Images)
Jakarta -

Sebuah 'gudang' senjata nuklir dahulu berada di lokasi tersembunyi. Bahkan beberapa orang menyebutnya sebagai kota hantu.

Dikutip dari CNN Travel oleh detikcom, kota Borne Sulinowo di wilayah Pomeranian Barat Polandia utara menyimpan rahasia persembunyian nuklir di masa lalu. Namun sekarang, kota ini menjadi tujuan yang menarik bagi para petualang yang ingin menjelajahi kawasan bersejarah.

Borne SulinowoBorne Sulinowo Foto: (Getty Images)

Untuk mencapai kota ini, memerlukan perjalanan panjang melalui dataran rendah yang merupakan pedesaan di Polandia. Sekitar satu jam lebih dari Drawsko, terdapat hutan yang begitu dalam dan tenang. Di sanalah bekas zona terlarang berada.

Sebelum runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, tempat ini hanya bisa dimasuki oleh mereka yang memiliki akses khusus. Semua orang menjauh, menghindar, ada yang berpura-pura tidak tahu.

"Tempat itu adalah lokasi konstriksi besar-besaran untuk pasukan dan fasilitas militer." kata pemilik museum lokal di Borne Sulinowo, Wleslaw Bartoszek kepada CNN.

"Setelah 1945, saat Uni Soviet mengambil alih tempat itu, kompleks tersebut telah menjadi bagian dari rencana militer Pakta Warsawa yang mencakup latihan besar-besaran yang mempersiapkan angkatan darat dan udara untuk invasi ke Barat," ungkapnya.

Borne SulinowoBorne Sulinowo Foto: (Getty Images)

Menurut Bartoszek, hanya ada satu jalan menuju ke sana, yaitu satu rel kereta api yang berakhir di kota misterius. Pagarnya pun berlistrik. Warga sekitar Borne Sulinowo pun takut menyebutnya.

Sebelum kedatangan Soviet pun, sebagian besar dari kota telah terlarang. Sebelum perang dunia II, wilayah itu jadi bagian dari Jerman. Fungsinya sebagai pangkalan militer dan tempat latihan.

Lalu setahun setelahnya, pada 1939, pasukan panzer ditempatkan di sini, di bawah komando Jenderal Heinz Guderian. Kemudian digunakan untuk menampung tawanan perang.

Jerman lah yang membangun sebagian besar infrastruktur. Kemudian digunakan oleh Soviet. Kini ada rel kereta api hingga kompleks rumah sakit militer besar yang ditinggalkan, meninggalkan teka-teki yang justru membuat wisatawan penasaran.

Pagar keamanan dan kawat berduri sudah tak terlihat. Wisatawan berkeliaran di antara pepohonan dan semak-semak yang ada di sela-sela sisa bangunan.

Borne SulinowoBorne Sulinowo Foto: (Getty Images)

Menurut Bartoszek, daerah itu menjadi populer bagi wisatawan selama musim panas. Dia suka bercerita kepada wisatawan tentang kisah terowongan misterius yang membentang di bawah rumah sakit. Peneliti pun masih belum yakin untuk apa ruangan itu.

Saat ini, kota Borne Sulinowo menjadi kawasan permukiman. Barak atau tempat tinggal tentara menjadi apartemen. Rel kereta api jadi jalan utama.

Biarpun begitu, kota ini masih menunjukkan jejak masa lalu. Beberapa bangunan megah bekas masih berdiri, walau telah rusak dan butuh renovasi. Dinding marmernya seakan menunjukkan kejayaannya di masa lalu.

Kota ini pun mengharapkan investor memasarkannya sebagai tujuan wisata yang menarik. Ada hutan pinus, danau, sungai dan tempat yang ideal untuk bersepeda dan hiking. Kawasan ini juga masih kaya akan satwa liar seperti babi hutan, rusa dan burung pegar.



Simak Video "Rusia Uji Coba Kapal Selam Nuklir, 4 Rudal Ditembakkan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA