Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Feb 2021 20:18 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Jelang Imlek, Lihat 9 Kawasan Pecinan Bersejarah di Dunia Yuk

Femi Diah
detikTravel
Berbagai persiapan dilakukan oleh warga Tionghoa di Glodok, Jakarta Barat, untuk menyambut hari Raya Imlek. Warna merah mendominasi pemukiman.
Foto: Rengga Sancaya

6. Vancouver, Kanada

Kawasan Chinatown Melbourne didirikan Victoria Gold Rush pada 1854. Di kawasan Richmond, separuh penduduknya adalah Tionghoa.

Pecinan di VancouverPecinan di Vancouver Foto: Getty Images/mura

Kota ini dijuluki Hongcouver, karena menjelang serah terima Hong Kong ke China pada 1997, para imigran kaya membanjiri Vancouver. Uniknya lagi, mantan Wali Kota Vancouver, Gregor Robertson, cukup fasih berbahasa mandarin.

7. San Francisco, AS

Chinatown atau Pecinan di San Francisco, AS, termasuk yang tertua di dunia. Komunitas Tionghoa di kota ini sudah ada sejak era 1840. Sejak 1960, banyak masyarakat Tionghoa di kota ini pindah ke distrik Sunset dan Richmond, sedangkan imigran yang lebih baru biasanya menetap di pinggiran kota sekitar Bay Area.

Pecinan di San FransiscoPecinan di San Fransisco Foto: Getty Images/bluejayphoto

Di sepanjang kawasan ini traveler akan menemukan beragam ornamen khas China seperti lampion, gambar naga, papan petunjuk bilingual (Inggris-Cina), serta deretan toko penjual obat herbal dan restoran.

8. London, Inggris

Pecinan di London disebut sebagai pecinan terbesar di Eropa. Awalnya, para pelaut dan pedagang China menetap di East End pada akhir abad ke-18, tetapi penghancuran daerah tersebut selama Perang Dunia II ditambah dengan kurangnya pekerjaan membuat komunitas tersebut menyusut.

Tapi, hal itu dipulihkan dengan kembalinya prajurit Inggris yang pernah bertugas di Asia dan mengembangkan cita rasa makanan China.

Sepanjang 1960-an, ribuan orang Tionghoa berdatangan dari Hong Kong dan membuka banyak restoran di dalam dan sekitar Gerrard Street.

Saat ini, pecinan London terletak di pusat kota London yang sibuk, antara Soho, Leicester Square, Piccadilly Circus, dan Covent Garden, dengan turis yang berbondong-bondong ke daerah tersebut untuk mengunjungi restoran, kedai teh, supermarket, dan dokter tabib.

9. Jakarta

Indonesia memiliki cukup banyak kawasan pecinan, di Jakarta, Semarang, dan Medan, juga Singkawang. Nah, di Jakarta pecinan ada di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat.

Sejumlah warga melakukan sembah yang di Vihara Dharma Bhakti di Jalan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Jumat (5/2/2021). Seminggu jelang perayaan imlek banyak warga sembahyang. Pihak pengelola pada malam imlek meniadakan sembahyang demi memutus rantai COVID-19.Sejumlah warga melakukan sembah yang di Vihara Dharma Bhakti di Jalan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. (Agung Pambudhy)

Kawasan pecinan yang sudah ada sejak era 1700 itu mengajak traveler menuju peradaban China di masa lampau. DI sana terdapat Vihara Dharma Bakti yang termasuk vihara tertua di Jakarta. Kemudian, Gereja De Fatima, yang masih mempertahankan arsitektur China.

Pasarnya pun masih menawarkan berbagai makanan China, juga tabib dan toko obat China.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA