Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Mar 2021 13:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Negara yang Rawan Sentimen Anti Asia Selain Amerika

Sekjen PBB Prihatin dengan Meningkatnya Kekerasan Rasial Anti-Asia
Foto: Ilustrasi (DW (News)
Jakarta -

Kasus penembakan yang terjadi di Amerika Serikat membuka mata dunia tentang adanya sentimen Anti Asia. Selain AS, ini 5 negara lain yang rawan sentimen itu.

Menurut Stop AAPI Hate, organisasi yang melacak insiden kebencian dan diskriminasi terhadap orang Asia-Amerika dan Kepulauan Pasifik, setidaknya tercatat ada 500 insiden diskriminasi dalam dua bulan pertama di tahun 2021 ini.

Jika dilihat setahun terakhir, dari Maret 2020 hingga Februari 2021, angkanya mencapai 3.795 laporan. Mayoritas laporan mencatat 68% merupakan pelecehan verbal. Sementara 11% melibatkan serangan fisik.

Pandemi virus Corona ditengarai jadi penyebab utama terjadinya sentimen Anti Asia. Virus mematikan itu dianggap dilahirkan dan disebarkan oleh komunitas orang Asia. Seperti kita tahu, virus Corona pertama kali muncul di kota Wuhan, China.

Mantan Presiden Donald Trump bahkan secara terang-terangan pernah menyebut virus Corona sebagai 'Virus China' dan 'Kung Flu'.

Kasus-kasus rasisme terhadap orang Asia, rupanya tidak hanya terjadi di Negara Paman Sam saja, namun juga terjadi di beberapa negara lainnya di dunia.

Dilansir detikTravel dari CNBC Indonesia, Kamis (25/3/2021) berikut 5 negara itu:


1. Prancis

Di Prancis, dilaporkan beberapa kasus diskriminasi terhadap komunitas asia. Sejumlah laporan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pelecehan dan serangan kekerasan terhadap orang-orang yang berasal dari wilayah tertentu di Asia.

Beberapa anak keturunan Asia seperti China, Vietnam, Korea, dan Jepang dikabarkan telah dikucilkan dan diejek oleh teman-temannya di sekolah menegah Paris. Ini karena asal-usul etnis mereka.

Restoran China, Thailand, Kamboja, dan Jepang telah melaporkan penurunan pelanggan. Skala penurunan berkisar antara 30 hingga 50%.

Selanjutnya ---->> Jerman

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Biden Teken UU Perangi Kejahatan Rasial Anti-Asia"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA