Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Jul 2018 18:14 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita KBRI Rabat Bantu 5 WNI yang Ditinggal Tour Leader di Maroko

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Foto: EA (lingkaran putih) dan 5 turis WNI yang ditinggal di Maroko (dok Istimewa)
Foto: EA (lingkaran putih) dan 5 turis WNI yang ditinggal di Maroko (dok Istimewa)
Jakarta - 5 Turis Indonesia yang ditinggal oknum tour leader di Maroko, jadi perhatian netizen. Begini cerita KBRI Rabat saat membantu mereka.

detikTravel menghubungi Dubes RI untuk Maroko ED Syarief Syamsuri. Dia mengatakan KBRI Rabat langsung bertindak ketika mendapat kabar ada 5 turis WNI ditinggal tour leader yang tidak bertanggung jawab bernama EA.

"Sebagaimana SOP kita mendengar kabar itu langsung intersep. Kita hubungi turis tersebut apakah mereka dalam kesulitan atau tidak," kata Syarief kepada detikTravel, Sabtu (14/7/2018).

Menurut Syarief situasinya masih terkendali. Kondisinya adalah mereka ditinggal tour leader sehingga harus mengurus sendiri semuanya.

"Namun karena mereka punya uang jadi tidak masalah. Saat kita hubungi mereka masih di Tangier, tapi kemudian sore mereka sudah ke Spanyol," jelasnya.


Tonton juga video: 'Menyusuri Mutiara Biru Maroko'

[Gambas:Video 20detik]


Andai kata mereka kesulitan, KBRI Rabat tentu akan menjemput mereka, kata Syarief. Dari Rabat ke Tangier sekitar 2,5 jam naik mobil. Namun karena 5 WNI itu masih bisa jalan sendiri ke Spanyol, KBRI Rabat membantu dengan aneka nomor telepon hotline dan memantau lewat telepon.

"Ketika mereka sudah ke Spanyol tentu kita kasih tahu KBRI Madrid, tapi mereka nggak ada kesulitan," jelasnya.



Sebelumnya di media sosial ramai postingan tentang 5 traveler peserta trip backpacker yang ditinggal oleh tour leader berinisial EA. EA di dalam komentar para traveler disebutkan bukan sekali ini lari dari tanggung jawab.

detikTravel berusaha menghubungi EA namun tidak direspon. detikTravel pun masih berusaha menghubungi para korban yang disebut sudah kembali ke Indonesia.

Cerita KBRI Rabat Bantu 5 WNI yang Ditinggal Tour Leader di Maroko
(fay/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Wisata Pantai

Pantai Ini Nggak Kalah Sama Maldives

Senin, 22 Okt 2018 11:09 WIB

Maldives terkenal dengan air lautnya yang jernih. Negeri kita pun punya banyak pantai dengan laut yang tidak kalah jernihnya, inilah Gili Trawangan, Lombok.