Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Sep 2018 22:16 WIB

TRAVEL NEWS

Taman Rekreasi di Prancis Latih Burung Gagak Jadi Tukang Sampah

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi Burung Gagak (Gilles Martin/Getty Images)
Ilustrasi Burung Gagak (Gilles Martin/Getty Images)
Vendee - Sebuah terobosan dilakukan oleh Taman Rekreasi Puy du Fou di Prancis. Mereka berencana melatih kawanan burung gagak untuk jadi tukang sampah. Gimana caranya?

Di dunia binatang, burung gagak dikenal cerdas bila dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Taman Rekreasi Puy du Fou di Prancis pun berencana memanfaatkan kecerdasan burung ini untuk melakukan hal yang tak terbayangkan sebelumnya: memungut sampah dan membuangnya ke tempatnya.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Selasa (11/9/2018), ada 6 ekor burung gagak yang tengah dilatih oleh Taman Rekreasi Puy du Fou. Mereka dilatih untuk memungut sampah-sampah kecil yang mereka temukan seperti puntung rokok sampai gumpalan tisu.

Sampah-sampah ini kemudian akan dibuang si burung ke tempat sampah. Setelah tugasnya berhasil, baru burung gagak ini akan diberikan sejumput makanan sebagai rewardnya.

BACA JUGA: Serasa Selebriti, Naik Mobil Antik di Paris

Presiden Taman Rekreasi Puy du Fou, Nicolas de Villiers menjelaskan tujuan mereka melakukan inovasi ini bukan untuk 'mempekerjakan' atau mengeksploitasi burung gagak sebagai pekerja, melainkan untuk memberi pelajaran bagi manusia bahwa makhluk lain bisa merawat lingkungan.

"Tujuannya bukan untuk membersihkan, karena pengunjung di sini sudah sangat hati-hati untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih. Tapi untuk lebih menunjukkan bahwa alam bisa mengajarkan kita untuk lebih merawat lingkungan," ujar Nicolas.

Menurut para ilmuwan, burung gagak memang punya tingkat intelejensi yang tinggi. Mereka bisa menggunakan alat, memecahkan masalah, mengenali wajah manusia, hingga menjalin komunikasi dengan kelompoknya. Bahkan gagak disebut-sebut sebagai salah satu hewan tercerdas di alam.

Taman Rekreasi Puy du Fou sendiri merupakan destinasi liburan bersejarah dan paling populer kedua setelah Disneyland Paris. Dikunjungi 2 juta turis setiap tahunnya, taman rekreasi ini bisa dicapai dengan waktu tempuh 3,5 jam perjalanan darat dari Paris.



Simak video Menu Ekstrem Ki Joko Bodo di Bulan Ramadan (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED