Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Okt 2019 23:10 WIB

TRAVEL NEWS

Jika Tiket Pulau Komodo Rp 14 Juta, Bagaimana Nasib Backpacker?

Vadhia Lidyana
detikTravel
Komodo di Pulau Komodo (Afif Farhan/detikcom)
Jakarta - Wacana tiket masuk Pulau Komodo sebesar USD 1.000 atau setara Rp 14 juta ramai dibahas dan jadi polemik. Buat kalangan tertentu seperti backpacker, harga itu jelas tidak ramah kantong.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memberikan penjelasan terhadap hal itu ketika ditemui awak media di Kemenko Kemaritiman, Gedung BPPT, Jumat (4/10/2019). Menurut dia, tiket khusus membership seharga Rp 14 juta nantinya hanya berlaku di Pulau Komodo.

"Orang-orang yang punya tiket inilah yang bisa masuk ke Pulau Komodo," kata Luhut.

Dia menjelaskan, habitat komodo tidak hanya di Pulau Komodo. Ada pulau-pulau lain seperti Pulau Rinca yang juga jadi habitat si Naga Purba.

"Komodo kan masih banyak pulau lainnya seperti Pulau Rinca, pulau apa lagi itu, dan masih banyak. Tapi Pulau Komodo itu, komodonya masih yang besar-besar 3 meteran," papar Luhur.

Wacana Masuk Pulau Komodo Rp 14 Juta, Bagaimana Nasib Backpacker?Komodo di Pulau Rinca (Moch Prima Fauzi/detikcom)

Artinya, pulau-pulau lain yang jadi habitat komodo tidak dikenai tiket khusus membership premium. Dalam arti kata lain, tiketnya masih normal.

"Jadi backpacker atau yang wisata murah bisa lihat komodo di pulau-pulau sekitar Pulau Komodo," tutupnya.

BACA JUGA: Luhut Jelaskan Wacana Masuk Pulau Komodo Rp 14 Juta

Wacana kenaikan tiket komodo dan membuatnya jadi wisata kelas premium ini sendiri sebelumnya dilontarkan Luhut di Sekolah Tinggi Perikanan, Jakarta pada Rabu (2/10) lalu. Ia mengatakannya seraya memastikan Pulau Komodo tidak akan ditutup sebagaimana wacana yang sempat muncul.

"Pulau Komodo itu tidak ditutup, kita mau kelola dengan baik, (pulau) yang lain kita atur dan tata jadi wisata eksklusif. Yang penting komodo kita atur terlindungi," kata Luhut.

Luhut mengatakan, nantinya pengelola diminta menyiapkan 50 ribu tiket seharga USD 1.000 atau setara dengan Rp 14 juta (dalam kurs Rp 14 ribu) untuk membership premium tersebut. Maka nantinya akan ada USD 50 juta dolar untuk mengelola Pulau Komodo agar tetap jadi situs warisan dunia.

BACA JUGA: Wacana Lama Muncul Lagi: Bayar Mahal Masuk ke Pulau Komodo





Simak Video "UNESCO Minta Pemerintah Indonesia Stop Proyek di Pulau Komodo"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA