Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Okt 2019 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Menanti Pesawat Listrik

Afif Farhan
detikTravel
Pesawat listrik yang sedang digarap Zunum Aoero, pabrikan pesawat dari AS (Zunum Aero)
Pesawat listrik yang sedang digarap Zunum Aoero, pabrikan pesawat dari AS (Zunum Aero)
Oslo - Ini mungkin mimpi yang luar biasa. Demi mengurangi polusi udara, Norwegia sedang membuat pesawat listrik!

Dilansir dari BBC, Jumat (11/10/2019), rencana Norwegia tersebut sudah pelan-pelan dilakukan sejak Juli 2018. Menteri Transportasi Norwegia Ketil Solvik-Olsen dan Kepala Lembaga Penerbangan Norwegia Avinor Dag Falk-Petersen, menjajal pesawat Alpha Electro G2.

Pesawat listrik tersebut kecil ukurannya, hanya mampu menampung 2 orang. Bahkan kabarnya, Solvik-Olsen dan Falk-Petersen harus menjalani diet ketat sebelum terbang naik pesawatnya.

"Semua orang awalnya skeptis tentang pesawat listrik, tapi kami akan membuktikannya. Tiga tahun lalu, perusahaan Airbus memberitahu kamu bahwa mereka telah melakukan uji coba pada hal ini. Boeing pun melakukan hal yang sama, bekerja sama dengan Zunum Aero dan NASA," papar Solvik-Olsen.

Menanti Pesawat ListrikPesawat listrik yang sudah dicoba oleh Norwegia (REUTERS/Alister Doyle)


BACA JUGA: Di Masa Depan, Ada Pesawat Tanpa Pilot yang Siap Mengudara

Menteri Transportasi Norwegia tersebut menegaskan, Norwegia tak main-main untuk membuat pesawat listrik. Rencananya, mimpi memiliki pesawat listrik akan dicapai pada tahun 2040.

"Kami yakin akan mewujudukan mimpi ini. Semua penerbangan domestik di Norwegia akan bisa menggunakan pesawat listrik," tegas Solvik-Olsen.

Lewat pesawat listrik, Norwegia ingin memerangi polusi udara. Asal tahu saja, industri penerbangan menyumbang sekitar 2% dari emisi global dunia, dan diperkirakan meningkat.

BACA JUGA: Mungkinkah Industri Penerbangan Mengurangi Polusi?

Akan tetapi, membuat pesawat listrik bukanlah barang mudah. Zunum Aero, perusahaan asal AS yang sedang membuat pesawat listrik masih kesulitan mencari formula yang pas.

Terutama soal baterai yang akan menjadi bahan bakar pesawat listrik. Untuk menerbangkan pesawat listrik dengan ukuran pesawat komersil yang besar dan mampu menampung ratusan orang, perlu baterai yang luar biasa besar. Selain itu, juga mampu mengendalikan panasnya agar pesawat tetap selamat terbang.

Menanti Pesawat ListrikPesawat listrik dari Zunum Aero (Zunum Aero)




Simak Video "Menjajal Kuliner dari Norwegia"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA