Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Okt 2019 19:25 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Kim Jong Un Perintahkan Hotel Korsel di Gunung Korut Dihancurkan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Kim Jong Un (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Kim Jong Un (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Pyongyang - Pemimpin Korut, Kim Jong Un dilaporkan meminta agar hotel Korea Selatan yang dibangun di Gunung Kumgang, Korut dihancurkan. Kim tidak suka dengan hotel itu.

Pekan lalu, Presiden Korea Utara Kim Jong Un melakukan kunjungan ke beberapa lokasi, termasuk di antaranya di kawasan Gunung Kumgang. Gunung ini merupakan kawasan wisata yang cukup terkenal di Korea Utara.

BACA JUGA: Gunung di Korea Utara yang Konon Dikunjungi Kelinci dari Surga

Saat sedang melakukan kunjungan itu, Kim Jong Un melihat bangunan resort milik Korea Selatan yang dibangun di Gunung Kumgang. Kim Jong Un pun mengatakan, bahwa resor yang dibangun Korsel itu "sangat campur aduk dan tak punya karakter nasional sama sekali,"

Menurut Kantor berita propaganda pemerintah Korut, KCNA, Kim pun memerintahkan agar seluruh hotel dan fasilitas turis lainnya yang dibangun Korea Selatan di Gunung Kumgang, Korea Utara untuk segera dihancurkan.

Kim menganggap karena Gunung Kumgang berdiri di tanah Korea Utara, seharusnya pariwisata di gunung tersebut tidak seharusnya berada di bawah Korea Selatan. Tapi dia tetap mempersilakan jika ada turis dari Korsel yang ingin liburan ke Gunung Kumgang.

"Kami akan selalu menyambut rekan kami dari Korsel jika mereka mau datang ke Gunung Kumgang setelah dibangun sebagai destinasi wisata internasional," ucap Kim seperti dikutip dari CNN, Selasa (29/10/2019).


Selain itu, Kim juga mengkritik kebijakan ayahnya, Kim Jong Il karena telah membiarkan Korea Selatan mendirikan bangunan hotel di Gunung Kumgang. Kim menilai, anggapan Gunung Kumgang sebagai simbol hubungan baik Korut-Korsel merupakan sebuah kesalahan.

Oleh pemerintah Korea Utara, turis dari Korea Selatan memang diizinkan berkunjung ke Gunung Kumgang sejak tahun 1998 lewat jalur laut. Di tahun 2003, baru turis dari Korsel bisa berkunjung ke gunung ini lewat jalur darat.

Di tahun 2008, hubungan Korsel dan Korut sempat memanas di Gunung Kumgang setelah sebuah insiden terjadi, saat seorang wisatawan ditembak mati oleh tentara Korut karena tak sengaja masuk ke area militer.

Terlepas dari insiden tersebut, fasilitas hotel dan resort milik Korsel masih berdiri tegak di gunung tersebut hingga saat ini, sampai Kim Jong Un memerintahkan untuk menghancurkannya.

Simak Video "Kim Jong Un Pimpin Langsung Uji Coba Rudal "
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA