Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Jan 2020 19:06 WIB

TRAVEL NEWS

Banyuwangi Punya 123 Event Wisata di 2020, Lampaui Tahun Lalu

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: (Johanes/detikcom)
Jakarta - Masuk Tahun 2020, Banyuwangi jadi kabupaten pertama yang melaunching Calender of Event tahun ini. Jumlahnya bahkan lebih banyak dari rekornya terdahulu.

Fakta itu pun diungkapkan pada acara peluncuran Calender of Event (CoE) bertema Majestic Banyuwangi Festival di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Rabu (8/1/2020). Dijelaskan oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, jumlah event yang Banyuwangi hadirkan tahun ini melampaui yang sudah-sudah.


"Festival bagi Banyuwangi adalah instrumen untuk menggerakkan banyak orang, dulu 12 (2012), tahun lalu 99, sekarang 123 event wisata," ungkap Anas di hadapan detikcom dan teman-teman media.

Bagi Anas, festival atau event wisata tak hanya jadi ajang untuk menarik wisatawan. Yang tak kalah penting adalah bagaimana event wisata bisa memberi dampak nyata bagi masyarakat Banyuwangi.

"Dampak pengembangan pariwisata, pendapatan rakyat meningkat. Banyuwangi 48 juta per orang per tahun sekarang," ujar Anas.

Lampaui Rekor Lama, Banyuwangi Hadirkan 123 Event WisataFoto: (Johanes/detikcom)

Senada dengan Anas, Menparekraf Wishnutama juga memuji capaian Banyuwangi dalam sektor pariwisata. Tak hanya berhasil menghadirkan event pariwisata yang banyak dan berkualitas, Banyuwangi juga jadi contoh keberhasilan pariwisata dalam memajukam masyarakat setempat.

"Inilah yang namanya pemerintah daerah yang punya positif impact. Sehingga semua juga bergerak ke arah yang positif," puji Wishnutama.


Terkait event wisata, Wishnutama berharap agar Banyuwangi terus menghadirkan event berkualitas. Walau tidak masuk destinasi prioritas, tapi Wishnutama akan tetap membantu pariwisata di Banyuwangi semaksimal mungkin.

"Saya berharap event-event di Banyuwangi makin bagus, dikemas makin sempurna. Kalau bisa sekalian kita bikin yang spektakuler," tutup Wishnutama.

Total, Banyuwangi memiliki 123 event wisata tahun 2020 ini. Beberapa pun kembali jadi unggulan, seperti Tari Gandrung Sewu hingga Tour de Banyuwangi.





Simak Video " Penampakan Banjir di Jakarta Pagi Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA