Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Mar 2020 15:55 WIB

TRAVEL NEWS

Bagaimana Maskapai Membersihkan Pesawatnya dari Corona?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
High quality stock photo of a young boy playing and using a tablet computer on an airport plane.
Ilustrasi kabin pesawat (Foto: iStock)
Jakarta -

Maskapai seluruh dunia menderita akibat dilanda wabah virus Corona. Bagaimana mereka menjamin kebersihan armadanya?

Hingga saat ini masih banyak penerbangan internasional maupun domestik lalu lalang di udara. Para penumpangnya sudah sedia dengan antiseptik karena virus Corona.

Prosedur ini dijelaskan oleh Manajer JetWash Aero Christian Rooney. Perusahaan spesialis pembersih penerbangan berbasis di Inggris ini bertugas di jeda waktu antar penerbangan.

Rooney memberi tahu bahwa proses pembersihan bervariasi tergantung pada jadwal pesawat. Ketika waktu henti pesawat sangat terbatas, pembersihan hanya di bagian yang mudah saja, seperti menghilangkan koran bekas dan sampah penumpang.

"Pembersihan kabin menyeluruh biasanya dilakukan pada malam hari, termasuk pembersihan toilet, menyeka dan mendisinfeksi nampan, membersihkan bagasi kabin, kursi dan lain-lain. Ini mungkin memakan waktu hingga satu jam atau lebih," jelas Rooney.

"Maskapai juga akan menjadwalkan pembersihan di tiap bulan atau enam minggu. Pembersihan ini memakan waktu beberapa jam dan sangat menyeluruh menggunakan disinfektan yang telah disetujui," imbuh dia.

Beberapa disinfektan yang digunakan efektif melawan berbagai patogen dan menawarkan perlindungan mikroba hingga 10 hari. Obat itu juga mematikan virus dan bakteri yang memiliki sifat yang mirip, seperti SARS, e.coli, flu burung, hingga MRSA.

Menurut Stephanie Biron, seorang pramugari yang baru saja pensiun dari American Airlines, memberi penjelasan lain. Dalam pengalamannya, standar pembersihan pesawat akan bervariasi.

Karena keadaan saat ini, beberapa maskapai meminta tindakan tambahan. Peningkatan itu ada di tingkat desinfeksi, penyemprotan, dan fumigasi kabin terkait virus Corona.



Simak Video "Sederet Maskapai Dunia yang Bangkrut Gara-gara Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA