Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Jul 2020 15:20 WIB

TRAVEL NEWS

Cegah Corona, Kamar Hotel Ibis Bandung Trans Studio Dibersihkan Berlapis

Putu Intan
detikTravel
Hotel Ibis Bandung Trans Studio melaksanakan sejumlah protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Termasuk membersihkan kamar secara berlapis.
Hotel Ibis Bandung Trans Studio melaksanakan sejumlah protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan pembersihan kamar secara berlapis. Foto: Putu Intan/detikTravel
Bandung -

Hotel Ibis Bandung Trans Studio menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. Termasuk, membersihkan kamar secara berlapis.

Seiring dengan berakhirnya Pembatasan Sosial berskala Besar (PSBB) di Jawa Barat sejak 26 Juni 2020 dan menyambut new normal, Hotel Ibis Bandung Trans Studio membersihkan kamar dalam beberapa tahapan yang berbeda dari kondisi normal. Executive House Keeper Hotel Ibis Bandung Trans Studio, Hari Widodo, menjelaskan proses pembersihan meliputi penyemprotan disinfektan dan pemasangan ozonizer di kamar yang telah digunakan tamu.

"Dari tamu check out, kami diamkan dulu minimal 6-24 jam. Setelah check out, kita disinfektan dulu. Ada tim yang pakai backpack sprayer untuk mendisinfektan semua kamar mandi, bekas sampah, bed (kasur), curtain (gorden), semua kita disinfektan. Setelah itu baru next day (esok harinya) kita kerjakan," kata Hari kepada detikcom di Bandung pada Selasa (30/6/2020).

Pengerjaan di keesokan hari adalah pembersihan kamar yang biasanya dilakukan petugas yakni mengganti seprei, selimut, dan lain-lain. Proses ini dilakukan pula sesuai protokol kesehatan.

"Petugas memakai glove, face shield, dan semuanya. Setelah selesai semuanya, kita disinfektan lagi," ujar Hari.

Setelah didisinfektan untuk kedua kalinya, kamar akan dicek oleh supervisor. Pada saat itu pula, supervisor akan memasang alat ozonizer untuk mengatasi bakteri dan virus.

"Ozonizer merubah dari O2 menjadi O3 yang akan mengurangi virus dan bakteri. Kamar tidak akan bau tamu yang sebelumnya, itu akan menetralisir semuanya," Hari menjelaskan.

Ozonizer ini akan dipasang selama 15-30 menit. Jika sudah, kamar akan ditutup lalu dipasangi stiker sebagai penanda bahwa kamar siap digunakan tamu selanjutnya.

Selama pandemi COVID-19 ini, hotel tersebut juga hanya melayani pembersihan kamar sesuai permintaan tamu. Berbeda dengan kebiasaan sebelumnya dimana petugas akan otomatis membersihkan kamar jika tamu menginap lebih dari 2 hari. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penularan virus.

"Sekarang dibersihkan berdasarkan request (permintaan saja), kalau tamu lebih dari 2 hari menginap harus request," kata Hari.

Selain itu, untuk sementara Hotel Ibis Bandung Trans Studio tidak melayani permintaan tambahan kasur (extra bed), peminjaman setrika, sajadah, dan barang-barang lain yang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona.



Simak Video "Melihat Pesona Pulau Kunti yang Punya 'Suara Kuntilanak'"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA