Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Jul 2020 15:15 WIB

TRAVEL NEWS

Di Kalender 2020, Ini Jadwal Idul Adha dan Libur Tanggal Merah

Rosmha Widiyani
detikTravel
kalender
Foto: thinkstock/Di Kalender 2020, Ini Jadwal Idul Adha dan Libur Tanggal Merah
Jakarta -

Seluruh muslim di Indonesia saat ini tengah siap-siap merayakan Idul Adha yang identik dengan penyembelihan hewan qurban. Jadwal pelaksanaan Idul Adha 1441 H sudah tercantum di kalender 2020.

Dilihat detikcom pada Selasa (21/7/2020), jadwal Idul Adha 2020/1441 H jatuh pada hari Jumat 31 Juli 2020. Tanggal tersebut ditandai dengan warna merah yang mengindikasikan hari libur bagi seluruh masyarakat.

Libur tanggal merah Idul Adha 2020 biasanya identik dengan silaturahmi atau liburan, usai melakukan ibadah bagi para muslim. Jika ingin melakukan aktivitas tersebut jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan demi mencegah terinfeksi virus Corona.

Selain itu, jika ingin bepergian ke tempat wisata pastikan dulu lokasi yang dituju terbuka meski sedang libur tanggal merah Idul Adha 2020. Jangan sampai lokasi liburan tutup. Patut juga diwaspadai jika tempat wisata terlalu ramai karena bisa meningkatkan risiko penularan COVID-19.

Sebelumnya, beberapa daerah menegaskan telah membuka diri pada para wisatawan di masa libur Idul Adha 2020. Misalnya Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno yang mengajak perantau dan wisatawan datang.

"Penanganan COVID-19 di Sumbar sudah terkendali secara baik. Karena itu dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini kita siap menerima kunjungan dengan pola disiplin protokol kesehatan. Silahkan datang, Sumbar siap menyambut perantau dan wisatawan," kata Irwan.

Pengendalian virus corona di Sumbar dilakukan dengan empat strategi. Keempatnya adalah testing, tracing, isolasi dan treatment mendapat pujian dari Presiden Jokowi. Irwan yakin untuk membuka daerahnya jelang momen Idul Adha.

Sejumlah persiapan juga dilakukan jajaran kepolisian jelang liburan Idul Adha 2020. Persiapan ini untuk mengatasi lonjakan arus dengan mendirikan pos pemantauan di ruas-ruas jalan arteri hingga menyiapkan personel di lapangan.

"Tentunya jalur-jalur tol arteri untuk tempat-tempat menuju wisata kita antisipasi karena kemungkinan yang kemarin libur Lebaran sempat tertunda, mungkin di momen ini ada yang pengin liburan ada waktu dua hari kan Sabtu, Minggu, acara Idul Adha nya kan hari Jumat, mungkin Sabtu Minggu mau pesiar ke tempat wisata," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono.

Istiono mengatakan, momentum Idul Adha 2020 juga bertepatan dengan pelaksanaan razia pelanggaran lalu lintas bertajuk Operasi Patuh 2020. Personel kepolisian akan dikerahkan untuk berjaga selama pelaksanaan sholat Idul Adha di setiap wilayah.



Simak Video "Bahagianya Rara LIDA Bisa Berkurban Pertama Kali saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA