Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Agu 2020 16:06 WIB

TRAVEL NEWS

Mahfud MD: Lewat Transportasi, Masyarakat Bisa Menerima Keberagaman

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
KA Ranggajati
Foto: KA Ranggajati (Rinto Heksantoro/detikcom)
Jakarta -

Transportasi Kereta Api Indonesia kini telah banyak diminati oleh masyarakat bahkan telah menjadi kebutuhan di setiap harinya. Di sini jugalah keberagaman masyarakat Indonesia dapat disatukan.

Menko Polhukam, Mahfud MD memaparkan bahwa perbedaan adalah sebuah realitas manusia dan sejarah yang tak boleh dilawan. Sekarang adalah bagaimana cara kita memaknai perbedaan itu sebagai sebuah rahmat.

Mahfud menjelaskan, salah satu aspek yang menjadi peran penting dalam menyatukan keberagaman adalah transportasi. Di mana masyarakat bisa saling berkomunikasi dan mengenal satu sama lain.

"Pertama, transportasi itu sangat dibutuhkan, untuk adanya lalu lintas masyarakat dengan berbagai aspek keberagaman, sehingga kita melalui transportasi kita bisa saling mengetahui dan menerima keberagaman," kata Menkopolhukam, Mahfud MD, Selasa (11/8/2020), dalam Webinar "Transportasi untuk Merajut Keberagaman Eps 1 Moda Kereta Api."

Mahfud menambahkan, dengan terbukanya akses melalui sistem transportasi, maka ada interaksi budaya masyarakat yang berbeda namun disatukan dalam aktivitas sosial dan ekonomi. Tak hanya itu, Mahfud mengatakan. lewat transportasi juga mungkin menjadi tempat penumpang bertemu dengan jodohnya.

"Bahkan banyak diantara barangkali dari yang hadir di antara kita ada yang mendapat jodoh karena naik kereta api, ketemu di kereta api, ketemu di stasiun, itu contoh," tambah Mahfud.

Transportasi juga mendorong mobilitas daerah, yang merupakan aspek yang sangat penting untuk menjaga semangat kebangsaan yang menempatkan keberagaman dalam satu kesederajatan. Di sisi lain, transportasi juga memiliki peran penting yang mewujudkan Indonesia sebagai satu kesatuan sistem yang perekonomian nasional.

"Transportasi merupakan urat nadi yang menghubungkan potensi antara daerah 1 dengan daerah lain yang beragam, dengan itu potensi 1 daerah dan lainnya, dengan itu potensi daerah dapat dieksekusi sehingga berkembang dan bermanfaat bagi warga masyarakat dan bangsa Indonesia," kata Mahfud.

Selanjutnya, lewat transportasi, konektivitas akan terbuka dan akan berkontribusi terhadap penguatan kesatuan bangsa. Dengan saling berinteraksi dan mengenal, rasa saling percaya akan terbangun. Begitu pula dengan berkurangnya rasa saling curiga. "Kita bisa saling berbicara, terbuka di dalam moda transportasi yang tersedia bisa saling mencurahkan perasaan. Pada gilirannya persatuan akan muncul sebagai buah dari interaksi yang terbangun," tambah Mahfud.



Simak Video "Mau Naik KA Luar Biasa? Ini Tahapan Sebelum Beli Tiket"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA