Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Nov 2020 16:02 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita Umroh Perdana di Masa Pandemi, dari Bandara Sampai ke Mekkah

Shalat renggang di Mekkah
Foto: Ilustrasi (AFP)
Jakarta -

Jamaah dari Indonesia sudah diizinkan lagi untuk umroh di masa pandemi. Berikut kisah pengalaman salah satu jamaah dari bandara hingga sampai ke Mekkah.

Pemerintah Arab Saudi kembali mengizinkan jamaah dari Indonesia untuk melaksanakan ibadah umroh ke Tanah Suci. Sebanyak 317 orang jamaah sudah diberangkatkan ke Arab Saudi pada Minggu (1/10) sore.

Salah satunya adalah Faried Aljawi, yang menjabat sebagai Sekjen Amphuri (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia). Faried pun menceritakan pengalamannya mulai dari sejak berangkat hingga sampai ke Mekkah.

"Kemarin, Alhamdullillah sudah diberangkatkan. Diantar juga oleh Dubes Arab Saudi untuk Indonesia sampai ke gate. Di dalam pesawat, masker wajib dipakai. Sebelum masuk ke pesawat, wajib cuci tangan pakai hand sanitizer yang sudah disediakan maskapai Saudia. Setelah duduk di pesawat, kita akan dibagi Starter Kit. Isinya masker, hand sanitizer, tisu basah dan tisu kering," ungkap Faried lewat aplikasi Zoom, Selasa (3/11/2020).

Setelah itu, jamaah umroh akan dibagikan 2 form yang harus diisi. Formulir pertama dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi, kemudian form kedua dari BNPB Arab Saudi. Formulir tersebut wajib diisi dengan data-data pribadi yang benar sesuai dengan paspor.

"Mengenai form yang kita isi di pesawat, ada 2 kertas. Satu dari Dinas Kesehatan, satu dari BNPB Arab Saudi. Formulir itu isinya pertanyaan, apakah Anda secara tidak langsung pernah berinteraksi dengan orang yang terindikasi COVID. Pertanyaan berikutnya apakah Anda dalam 14 hari ke belakang pernah berpergian ke negara-negara seperti China, India, dll. Baru ketiga isi data pribadi," imbuh Faried.

Ada juga pertanyaan tentang kesehatan pribadi, misalnya apakah memiliki gangguan pernafasan atau demam? Semuanya harus diisi dengan benar dan seksama. Jamaah umroh diharapkan jujur ketika mengisi formulir tersebut.

Selanjutnya: Sampai di Arab Saudi

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menkes Budi Sebut Menteri Haji Arab Janji Bantu RI soal Izin Umrah"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA