Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Des 2020 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Guppy, Pesawat Aneh Super Besar yang Pernah Dibuat

Pesawat Super Guppy
Pesawat Super Guppy (Foto: CNN)
Jakarta -

Super Guppy jadi pesawat aneh yang sangat besar yang pernah dibuat umat manusia. Bisa jadi inilah cikal bakal Airbus Beluga, Boeing Dreamlifter hingga Antonov AN-225.

Nama-nama pesawat di atas adalah yang terbesar di dunia. Armada ini dirancang untuk membawa kargo yang sangat besar, seperti bagian dari pesawat lain.

Guppy adalah pesawat yang digunakan NASA untuk memindahkan bagian-bagian pesawat luar angkasa yang begitu besar dan berbobot ringan dari California menuju Florida. Operasi pertamanya pada tahun 1960-an.

Selama bertahun-tahun awal program luar angkasa Amerika, bagian-bagian roket yang menuju ke Cape Kennedy harus melalui Terusan Panama atau Teluk Meksiko menggunakan kapal tongkang. Pelayarannya butuh waktu berminggu-minggu.

Pada tahun 1962, sebuah pesawat baru memecahkan masalah karena memiliki ruang kargo terluas yang pernah dibangun berdiameter enam meter. Komponen utama pesawat ruang angkasa dapat mencapai Florida dalam waktu 18 jam, bukan 18 hari.

Pesawat itu dinamakan Guppy Hamil (Pregnant Guppy), namanya terinspirasi dari ikan gupi. Adalah yang pertama dari delapan Guppy yang akan dibangun selama bertahun-tahun berikutnya.

Dan salah satunya, meski berisi teknologi yang berasal dari tahun 1940-an, masih diterbangkan oleh NASA.

Pesawat Super GuppyPesawat Super Guppy Foto: CNN

Guppy pesawat yang unik

Sama seperti Belugas dan Dreamlifters modern, Pregnant Guppy merupakan versi modifikasi dari pesawat penumpang dengan badan pesawat yang membengkak. Pesawat ini berasal dari salah satu pesawat pertama Boeing, 377 Stratocruiser.

Boeing 377 adalah pesawat pembom era Perang Dunia II, B-29 Superfortress. Pesawat itu memiliki suku cadang yang sama dengan beberapa pesawat lain, mengikuti anjuran Jack Conroy, pensiunan pilot Angkatan Udara AS.

Conroy mendirikan perusahaan, Aero Spacelines, untuk membangun dan mengoperasikan pesawat itu. Lalu dibuatlah pesawat yang 4,8 meter lebih panjang dari Boeing 377 dan satu-satunya pesawat di dunia yang mampu mengangkut tingkat atas roket Saturnus untuk program Apollo.

Pesawat bulat itu ternyata sangat berguna. Pada tahun 1965, Conroy siap untuk meluncurkan versi selanjutnya dan disebut Super Guppy, beda dari versi sebelumnya yakni cara memasukkan kargo dari belakang dan depan.

Pesawat baru ini juga lebih besar dengan panjang ekstra 4,8 meter dan diameter ruang kargo selebar 7,6 meter. Mesinnya ditingkatkan ke versi yang lebih kuat dan lebih ringan.

Keberadaannya menjadi andalan layanan NASA selama 32 tahun. Pesawat ini sudah terbang sejauh tiga juta mil dalam rangka mendukung beberapa program luar angkasa, dari Apollo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Selanjutnya, evolusi terakhir pesawat Guppy >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA