Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Jan 2021 09:10 WIB

TRAVEL NEWS

10 Makanan Khas Jawa Timur, Mana Favoritmu?

Femi Diah
detikTravel
Soto Ayam Lamongan
Soto ayam Lamongan, salah satu masakah khas Jawa Timur. (iStock)
Jakarta -

Makanan khas Jawa Timur cukup beragam dan memiliki kejutan di tiap sajiannya. detikTravel merangkum 10 makanan khas Jatim, traveler memfavoritkan yang mana, nih?

Rawon, soto, lontong balap, lontong kupang, bakso malang, dan bebek goreng bisa menjadi pilihan traveler untuk mengisi perut saat berwisata ke Jatim. Pedas dan guris yang ditawarkan dari berbagai masakan itu.

Bagi traveler yang tidak sempat berkeliling Jatim, makanan khas Jatim itu mudah ditemui di Surabaya, lho.

Yuk, simak 10 makanan khas Jatim yang sedap banget.

1. Rawon

Rawon disebut sebagai sup daging dengan kuah hitam yang berasal dari kluwek. Isinya potongan daging dan kuahnya manis dan gurih. Biasanya rawon disajikan bersama tauge, telor asin, dan kerupuk udang.

rawon enak di surabayaRawon, makanan khas Jatim Foto: Istimewa

Sejumlah kedai rawon di Surabaya yang menjadi favorit traveler adalah setan yang berada tepat di depan Hotel JW Marriot, rawon Pak Pangat di Jl Ketintang Baru Selatan I/5, Gayungan, rawon kalkulator di Taman Bungkul, dan rawon Nguling yang ada di sebelah timur perbatasan Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo.

2. Soto Lamongan dan Soto Madura

Jatim memiliki soto yang sama-sama menjadi favorit traveler, soto Lamongan dan soto Madura. Soto Lamongan memiliki kekhasan dengan taburan koya dan kuah kuning dari kunyit. Sementara itu, soto Madura tidak memakai koya.

Soto LamonganSoto Lamongan Foto: Istimewa

Untuk traveler yang di Surabaya, Soto Ayam Cak To yang ada di Undaan Wetan bisa menjadi pilihan atau Soto Gubeng Pojok di Jl Kusuma Bangsa, Genteng. Selain itu, traveler bisa singgah di Soto cak Har yang ada di kawasan MERR II, atau Soto Ayam Pak Djayus yang ada di Manyar Sukolilo.

Soto Ambengan Pak Sadi legendaris, eksis sejak 1960, pun bisa menjadi pilihan traveler. Lokasi kedai soto ini ada di Ketabang.

3. Lontong Kupang dan Lontong Balap

Lontong kupang dan lontong balap ini mudah ditemukan di Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Biasanya sih disediakan oleh kedai yang sama.

Lontong KupangLontong Kupang Foto: Istimewa

Lontong kupang memiliki komposisi kupang putih, yaitu sejenis hewan laut seperti kerang, lontong, sate keong, dan disiram kuah yang sudah diberi petis, serta lentho (bola-bola dari singkong yang digoreng).

Adapun lontong balap ini komposisinya lontong, tauge, sate keong, tahu, dan kuah petis. Lentho juga menjadi pelengkap makanan ini.

lontong balaplontong balap Foto: shutterstock

Buat traveler yang berwisata di Surabaya, kedai lontong kupang dan lontong balap Artomoro di Jl Raya Manyar No 5J, Mulyorejo bisa menjadi jujugan. Selaun itu, lontong balap dan lontong kupang Pak Woko di Tambaksari, lontong kupang Bu Wito di Tenggilis, dan Lonntong kupang Pak Hadi di Rungkut.

3. Rujak Cingur

Rujak cingur ini memiliki komposisi utama cingur atau mulut sapi yang dipotong kecil-kecil, kangkung, tahu, tempe, taoge, dan bumbu petis.

rujak cingurrujak cingur Foto: istimewa

Buat traveler yang singgah di Surabaya bisa melipir ke kedai rujak cingur Cak Durasim di genteng atau ke kedai rujak cingur Ahmad Jais yang juga ada di Genteng, rujak cingur Delta di Embong Kaliasin, Genteng, rujak cingur Joko Dolog di Jl Taman Apsari, Embong Kaliasin, Genteng.

4. Pecel Madiun

Pecel Madiun hampir sama dengan sajian pecel pada umumnya, namun ada tambahan jeruk purut pada bumbu kacangnya. Selain itu, sayuran pada pecel Madiun ini lebih lengkap. Biasanya, terdapat rebusan kacang panjang, bunga turi, kecambah, kenikir, bayam, dan daun singkong atau daun pepaya.

pecel madiunpecel madiun Foto: Instagram

Seluruh sayuran itu disiram dengan bumbu pecel. Biasanya, disajikan bersama kerupuk nasi (karak) atau rempeyek.

Cukup banyak pilihan pecel Madiun di Surabaya. Di antaranya pecel Bu Kus yang ada di Jl Barata Jaya, kemudian nasi pecel Tambak Bayan di Jl Pasar Besar Wetan, nasi pecel pincuk di Jl Raya Jemursari, nasi pecel Murni di Jl Ahmad Yani, dan nasi pecel Bu Joyo Pandegiling.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA