Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Jan 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

4 Pelanggaran Kristen Gray, WNA yang Ajak Bule Pindah ke Bali Saat Pandemi

Tim detikcom
detikTravel
WN Amerika Serikat, Kristen Gray, dideportasi dari Indonesia (Angga Riza/detikcom)
Foto: WN Amerika Serikat, Kristen Gray, dideportasi dari Indonesia (Angga Riza/detikcom)
Jakarta -

Dari cuitan promosi ajakan pindah ke Bali saat pandemi virus Corona, Kristen Gray berakhir dideportasi. Imigrasi merilis sejumlah pelanggaran yang dibuat WN AS itu.

Gray bikin heboh di Twitter setelah mempromosikan kenyamanan tinggal di Bali pada 17 Januari dalam 20 cuitannya. Dia merilis e-book yang mengisahkan pengalamannya selama setahun di Bali dan membuka konsultasi untuk bisa tinggal di Pulau Dewata untuk mendapatkan cuan selama tinggal di Bali.

Turis AS ajak bule masuk Bali pas pandemiTuris AS ajak bule masuk Bali pas pandemi Foto: tangkapan layar Twitter

Tapi kemudian, Gray, yang beredar dengan akun @kristentootie di Twitter dan tinggal di Bali bersama pasangannya yang juga perempuan Saundraa, diputuskan untuk dideportasi ke AS. Kakanwil Kemenkum HAM Bali Jamaruli Manihuruk menyebut WN Amerika Serikat (AS) keturunan Afrika itu membuat pelanggaran.

Berikut pelanggaran yang dibuat oleh Gray yang disampaikan Imigrasi:

1. Kristen Gray menyebut tinggal di Bali penuh kenyamanan, sebab tidak pernah dipermasalahkan soal pajak dan urusan keimigrasian.

2. Gray telah menyebarkan informasi Bali LGBTQF (queer friendly).

3. Gray membuat kampanye palsu karena menyebut akses ke Indonesia saat masa pandemi COVID-19 mudah. Pernyataan tersebut bertentangan dengan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 nomor 2/2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional dalam Masa Pandemi COVID-19 serta Surat Edaran Ditjen Imigrasi tentang Pembatasan Sementara Masuknya Orang Asing di Wilayah Indonesia dalam Masa Pandemi COVID-19.

4. Gray diduga melakukan kegiatan bisnis penjualan e-book dan pemasangan tarif konsultasi wisata Bali sehingga dapat dikenakan sanksi sesuai Pasal 122 huruf a UU 6/2011 tentang Keimigrasian.

Dari keterangan Imigrasi, perempuan bernama lengkap Kristen Antoinette Gray itu masuk ke wilayah Indonesia pada 21 Januari 2020, pukul 23.04:54 Wita melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Kemudian, Kristen Gray melakukan perpanjangan izin tinggal pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar pada tanggal 22 Desember 2020 yang berlaku sampai dengan 24 Januari 2021.



Simak Video "Wanita AS yang Ajak WNA ke Bali Resmi Dideportasi!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA