Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Jan 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

7 Jejak Bule Rusia yang Buang Motor di Perairan Bali Sampai Dideportasi

Femi Diah
detikTravel
Bule Sergei Kosenko dideportasi usai viral party tanpa prokes di Bali (Angga Riza/detikcom)
Foto: Bule Sergei Kosenko dideportasi usai viral party tanpa prokes di Bali (Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

Bule asal Rusia yang membuang motor di perairan Bali Sergey Kosenko diputuskan untuk dideportasi. Berikut rekam jejaknya di Pulau Dewata.

Sergey atau Sergei, beredar di Instagram dengan nama @sergey_kosenko, dideportasi setelah dinilai melakukan dua pelanggaran selama tinggal di Bali. Yakni, soal penyalahgunaan visa dan melanggar protokol kesehatan dengan membuat pesta saat pandemi virus Corona.

Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM Bali Jamaruli Manihuruk menyebut patut diduga Sergei Kosenko melakukan pelanggaran Pasal 122 huruf a jo. Pasal 123 huruf b Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Pendeportasian Sergey, yang juga pernah viral gegara buang motor di perairan Bali itu, dilaksanakan pada Minggu, 24 Januari 2021 melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju Bandara Soekarno-Hatta dan selanjutnya menuju ke negara asalnya, Rusia.

Kelakuan turis Rusia di Bali.Kelakuan turis Rusia di Bali. Foto: (dok screenshoot)

Berikut perjalanan Sergey sampai di Indonesia hingga dideportasi:

1. Masuk RI Lewat Bandara Soekarno Hatta

Kakanwil Kemenkum HAM Bali Jamaruli Manihuruk menyebut Sergey masuk ke wilayah Indonesia pada 31 Oktober 2020 melalui TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Soekarno Hatta.

Izin tinggal kunjungannya berlaku sampai 29 Desember 2020, kemudian diperpanjang hingga 28 Januari 2021.

2. Visa Kunjungan

Sergey memasuki wilayah RI dengan visa kunjungan.

"Yang bersangkutan dalam hal ini tidak memiliki izin tinggal yang sesuai tapi menggunakan visa kunjungan. Sehingga, harus dilakukan tindakan keimigrasian berupa deportasi," kata Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM Bali Jamaruli Manihuruk

3. Tinggal di Bali dan Lombok

Sergey tercatat tinggal di Jalan Siligita, Nusa Dua, Badung, tetapi dia mengaku tidak pernah mengetahui dan tidak pernah tinggal di alamat itu.

WNA asal Rusia itu bilang menyewa sebuah vila pribadi di daerah Berawa, Canggu dan beberapa kali pindah menginap di Bali maupun Lombok. Sergey terakhir kali tinggal di sebuah hotel di Seminyak, Badung, Bali.

4. Berbisnis di Bali

Kendati datang di Bali dengan visa kunjungan, Sergey Kosenko melakukan kegiatan-kegiatan menjadi seorang duta yang mewakili perusahaan tertentu, mengundang investor, dan menjadi seorang marketing dengan mempromosikan produk sebuah perusahaan tertentu.

Sergey juga disebut melakukan bisnis properti dan mengundang teman-temannya untuk bergabung dengan bisnis itu.

5. Buang Motor ke Laut Demi Konten

Sergey bersama Alina Oshutinskaya menjadi sorotan setelah membuang motor di laut Bali pada 10 Desember 2019. Mereka terjun ke perairan di Pelabuhan Tanah Anpo, Karangasem, Bali sekaligus bersama motor.

Masalahnya, motor itu dibuang ke laut saat masih menyimpan bahan bakar minyak. Aksi mereka pun dinilai merusak lingkungan.

6. Pesta Tanpa Terapkan Protokol Kesehatan

Belum juga reda sorotan usai membuang motor, Sergey kembali menarik perhatian setelah bikin pesta saat pandemi virus Corona. Pesta yang digelar di Badung pada 11 Januari 2021 itu dihadiri banyak orang dan mengabaikan prokes COVID-19.

Sergey melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian.

7. Dideportasi

Sergey dideportasi pada Minggu, 24 Januari 2021 melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian, menuju ke negara asalnya, Rusia.

Dengan dideportasinya Sergey, Imigrasi Bali telah memulangkan secara paksa lima turis asing selama Januari 2021 ini.



Simak Video "Permintaan Maaf Bule Sergei Sebelum Dideportasi dari RI"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA