Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Jan 2021 17:21 WIB

TRAVEL NEWS

Tukang Parkir Pesawat: Gaji Kami Antara Rp 4-6 Juta

Sejak akhir Maret, sebagian besar armada AirAsia Group yang berjumlah 282 pesawat telah terparkir di beberapa bandara di Asia. Di antara jumlah tersebut terdapat 28 unit pesawat yang terparkir di 4 lokasi di Indonesia sejak 1 April 2020 yaitu Jakarta, Denpasar, Medan, dan Surabaya.
Ilustrasi tukang parkir pesawat atau marshaller (Foto: AirAsia)
Jakarta -

Beberapa waktu belakangan viral soal tukang parkir pesawat atau marshaller. Pembahasan ini berujung pada pertanyaan, berapa gaji para pemandu pesawat itu?

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, di luar negeri, profesi marshaller bisa meraup gaji dari Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar per tahun. Jumlah itu bergantung pada maskapai yang memperkerjakan dan pengalaman yang dimiliki.

Lalu, berapa gaji asli para marshaller atau tukang parkir pesawat? Ini jawaban dari Arif Husni yang telah bekerja sebagai marshaller Gapura Angkasa selama 10 tahun.

"Perkiraan saja ya, antara Rp 4-6 juta," tegas Arif kepada detikcom di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Kamis (28/1/2021).

Dalam artikel terdahulu, marshaller atau tukang parkir pesawat tak membawa peluit saat bekerja memandu pesawat di apron bandara. Mereka hanya memiliki dua alat utama yang digunakan untuk bekerja.

Dua alat utama marshaller ini digunakan di waktu yang berbeda. Alat tukang parkir pesawat di siang hari tidak akan digunakan pada malam hari dan sebaliknya.

Alat-alat marshaller yang digunakan untuk memandu pesawat parkir dijelaskan oleh Arif Husni. Ia sudah 10 tahun bekerja di Gapura Angkasa sebagai tukang parkir pesawat.

"Hanya bet dan lampu marshalling seperti kepunyaan polisi lalu lintas. Bet itu berbentuk bulat bergagang kayu, seperti raket ping pong atau tenis meja," kata Arif.

"Bet digunakan saat siang hari dan lampu digunakan saat malam hari. Jadi kalau malam hari tak perlu membawa bet lagi," jelas dia.

Tukang parkir pesawat atau marshaller juga memiliki tanggung jawab besar dalam kelancaran suatu penerbangan. Karena, ketika mereka teledor maka bukan tidak mungkin terjadi gesekan dengan bangunan atau pesawat lainnya.



Simak Video "Pernah Dengar Profesi 'Juru Parkir Pesawat'? Begini Kisahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT