Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Feb 2021 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 5 Negara yang Tidak Pernah Dijajah Bangsa Asing

Lusiana Mustinda
detikTravel
Bagian dari Tembok China.
Foto: (Amanda Ruggeri/BBC)
Jakarta -

Negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Asing ada yang berada di Asia Tenggara hingga timur tengah. Salah satu negaranya yang tak pernah dijajah ini pun pernah menjajah Indonesia, seperti Jepang.

Menurut WSJ ada beberapa negara yang tidak pernah menjadi koloni dan tak pernah dijajah seperti Jepang, Thailand, Bhuan, Iran hingga China.

Yuk ketahui lagi penjelasan tentang negara-negara yang tidak pernah dijajah bangsa asing:

1. Thailand

Sebuah bangunan megah dan berkilau keemasan jadi pemandangan menarik di tengah permukiman warga di barat Jakarta. Bangunan itu adalah Vihara Hemadhiro MettavatiSebuah bangunan megah dan berkilau keemasan jadi pemandangan menarik di tengah permukiman warga di barat Jakarta. Bangunan itu adalah Vihara Hemadhiro Mettavati Foto: Grandyos Zafna


Thailand jadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Negara Gajah Putih ini juga sering dijuluki negara mandiri yang sering menggunakan frasa "tanah kebangsaan".

Negara Thailand menganut sistem kerajaan yang bernama Siam pada abad ke-19. Kerajaan Siam dapat membebaskan diri dari pemerintahan kolonial dengan mempertahankan pemerintahan.

2. Jepang

Tokyo, Japan at the control tower of Haneda Airport.Tokyo, Japan at the control tower of Haneda Airport. Foto: (iStock)


Jepang juga tak pernah dijajah oleh Bangsa Barat. Akan tetapi Jepang juga pernah menjajah beberapa negara di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Jepang menjajah Indonesia pada tahun 1942-1945.

Jepang menyerah saat negaranya mengalami keterpurukan setelah peristiwa bom atom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki.

3. China

BEIJING, CHINA - OCTOBER 04: A Chinese tourist poses as her photo is taken by a friend as they visit a crowded section of the Great Wall at Badaling after tickets sold out during the 'Golden Week' holiday on October 4, 2020 in Beijing, China. Officials are expecting the Golden Week holiday to boost China's consumer economy as people were encouraged to use the eight-day break to travel and spend. Tourist sites including the Great Wall were packed, with tickets selling out most days given pandemic restrictions and capacity capped at 75%. (Photo by Kevin Frayer/Getty Images)Tembok Besar China (Photo by Kevin Frayer/Getty Images) Foto: Getty Images/Kevin Frayer


China sejak abad ke-19 dan awal ke-20 sudah melakukan perjanjian perdagangan dengan beberapa negara. Prancis, Inggris, Jerman, Rusia, Amerika Serikat dan Jepang jadi negara yang menjalin kerjasama dengan China.

Karena itulah China tidak pernah resmi menjadi negara jajahan dari negara manapun. Walaupun sebagian besar kerjasamanya tidak menguntungkan negara China.

4. Bhutan

Danau glasial BhutanDanau glasial Bhutan Foto: (Pusat Nasional Hidrologi & Meteorologi Bhutan)


Bhutan menjadi negara kecil yang terletak di Asia Selatan yang berbentuk Kerajaan dan dikenal dengan Negeri Naga Guntur. Lokasinya terletak di antara India dan China.

Bhutan terletak di pegunungan Himalaya sehingga medan yang harus ditempuh jika ke negara ini cukup sulit sehingga banyak negara yang akhirnya tidak memilih Bhutan sebagai negara jajahan.

5. Iran

Masjid Shah Cheragh di Kota Shiraz, IranMasjid Shah Cheragh di Kota Shiraz, Iran Foto: (iStock)


Pada tahun 1800-an negara ini memiliki masa terpuruk saat Rusia dan Inggris berjuang untuk membangun kerajaan mereka di Timur Tengah. Akan tetapi setelah itu Iran berhasil bangkit.

Negara yang tidak pernah dijajah bangsa asing ini letaknya ada di kawasan Timur Tengah di Asia Barat Daya.



Simak Video "Timbunan Rudal di Gudang Rahasia Iran"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA