Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Feb 2021 14:45 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik Nih, Ada Paket Wisata Menikmati Lava Pijar Merapi Naik Mobil Jip

Wisata Jeep Merapi
Wisata jip Foto: (Afandi/d'Traveler)
Sleman -

Fenomena lava pijar Gunung Merapi masih menjadi daya tarik untuk masyarakat. Untuk itu Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) pun membuat paket wisata untuk menikmati lava pijar dari jarak yang aman dari atas jip.

Seperti diketahui, BPPTKG memberikan rekomendasi daerah bahaya sejauh 5 kilometer yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

Ketua AJWLM Wilayah Barat Dardiri menjelaskan wisata lava pijar ini dimulai pukul 7 malam. Menurutnya ada 2 spot yang bisa jadi tempat untuk memantau fenomena ini.

"Untuk menikmati lava pijar Merapi dari jarak aman (di luar radius 5 kilometer), spotnya memang di Batu Alien dan Lapangan Boyong itu," kata Dardiri kepada wartawan, Senin (8/2/2021).

Ia menjelaskan, Batu Alien di Cangkringan yang berjarak sekitar 6,5 kilometer dari puncak Merapi. Sementara Lapangan Boyong lebih jauh lagi yakni 9 kilometer dari puncak.

"Di spot Batu Alien itu wisatawan akan diajak istirahat sebentar menunggu lava pijar jika keluar sambil menikmati kudapan khas Kaliurang seperti jadah tempe, kacang rebus, dan juga menikmati kopi panas di tengah sejuknya suhu lereng gunung," paparnya.

Dardiri mengatakan untuk durasi menikmati fenomena lava pijar ini secara keseluruhan sekitar 4-5 jam. Sekali tur, harganya dibanderol Rp 600 ribu sekali angkut kelompok wisatawan yang bisa terdiri maksimal 3-4 orang.

"Kalau untuk saat ini wisatawannya memang masih sepi karena adanya pembatasan itu. Nanti setelah PTKM baru kami gencarkan promosinya, sekarang kan masih pembatasan untuk COVID-19," sebutnya.

Lebih lanjut, Dardiri mengingatkan wisata menikmati lava pijar ini juga memerlukan keberuntungan. Terutama dari aktivitas vulkanik dan cuaca.

"Jika kondisi Merapi turun hujan deras atau berkabut juga akan kesulitan untuk menyaksikannya," katanya.

Dardiri berharap dengan paket wisata ini setidaknya bisa menghidupi anggota asosiasi jip wisata lereng Merapi yang hampir setahun ini terdampak sepinya kunjungan.

"Tabungan kami sudah mulai habis, sehingga semua kegiatan operasionalnya juga harus memperhatikan protokol kesehatan agar bisa berjalan lagi," pungkasnya.



Simak Video "Merapi 4 Kali Erupsi Pagi Ini, Awan Panas Meluncur Hingga 3 Km"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA