Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Feb 2021 23:07 WIB

TRAVEL NEWS

Lebih Nyaman, Sandiaga Ajak Pelaku Wisata Gunakan GeNose

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno usai berdiskusi dengan Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro di Aula Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (9/2/2021).
Sandiaga Uno saat penyerahan GeNose dari Kemenristek Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Alat pendeteksi COVID-19, GeNose dianggap menjadi inovasi baru untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat yang bepergian. Hal ini juga akan dikembangkan dalam sektor pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mendorong para pelaku usaha di bidang parekraf untuk menggunakan GeNose. Karena prosesnya yang jauh lebih nyaman dari tes COVID-19 lainnya, tes ini diharapkan bisa menjadi solusi di tengah lambatnya perkembangan ekonomi.

"Harapan kita, di lambatnya ekonomi, kita mendorong agar Genose dan menyelenggarakan testing tracing dan treatment dalam bingkai protokol kesehatan 3M dari diri kita sendiri itu bisa dilakukan juga di destinasi wisata," kata Sandiaga Uno,

Menurut Sandi, sekarang yang menjadi pertanyaan bukan lah pergi atau tidak pergi, tapi bagaimana nantinya protokol kesehatan akan diterapkan di tempat wisata.

"Pariwisata akan beradaptasi, GeNose ini bagian dari how, bagaimana kita memastikan kegiatan kita ini sudah sesuai dengan protokol kesehatan dan juga sudah sesuai dengan upaya kita untuk menekan COVID-19.

Kini, sudah ada beberapa permintaan dari sektor pariwisata untuk menggunakan alat pendeteksi baru tersebut. Salah satunya datang dari Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

"Permintaannya banyak sekali dari rekan kami, tadi pagi dari PHRI yang menyatakan ingin memesan, lalu rekan hotel dan restoran dan destinasi wisata lainnya juga akan kita tawarkan dan fasilitasi," ungkapnya.

Sandi akan segera mengumpulkan dan mengajak para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menggunakan GeNose. Mereka bisa lebih cepat mengambil keputusan dibanding bidang pemerintahan.

"Kalau pemerintah perlu penganggaran perencanaan dan lain sebagainya, kalau teman-teman pelaku usaha memutuskan hari ini besok sudah order, ini yang akan kita jalankan," kata Sandi.

"Besok saya akan bertemu dengan Kadin. Jadi saya minta teman teman Kadin dan asosiasi dan PHRI mulai mengumpulkan jumlahnya," tambah Sandi.



Simak Video "Langgar Prokes Saat Libur Lebaran, Destinasi Wisata Akan Ditutup!"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA